Mudahkan Masyarakat, BPJS Kesehatan Hadirkan Layanan Secara Langsung Melalui Program BUKADESA di Morut

Mudahkan masyarakat, BPJS Kesehatan hadirkan pelayanan hingga pelosok melalui kegiatan BUDESA di Morowali Utara. FOTO: IST

BANGGAI RAYA- BPJS Kesehatan terus berupaya untuk menghadirkan pelayanan hingga pelosok desa guna memastikan semua lapisan masyarakat bisa mendapatkan akses layanan ke BPJS Kesehatan tanpa perlu lagi datang ke kantor. Hal ini merupakan bagian dari pelayanan prima yang selalu di gaungkan. 

Maka dari itu, BPJS Kesehatan cabang Luwuk turut berpartisipasi dalam kegiatan BUKADESA (29/05) yang kali ini berlokasi di kantor Desa Mandula, Kecamatan Lembo Raya, Kabupaten Morowali Utara.

Bupati Berkantor di Desa (BUKADESA) merupakan salah satu inovasi Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara yang bertujuan untuk mendekatkan akses pelayanan publik dan menyerap secara langsung aspirasi dari Masyarakat. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi, Kepala OPD se-Kabupaten Morowali Utara, Camat Lembo Raya, Kepala Desa se-Kecamatan Lembo Raya, dan Pihak Puskesmas.

Dalam kegiatan BUKADESA, Bupati Morowali Utara memberikan kesempatan kepada kepala BPJS Kesehatan cabang Luwuk Gilang Yoga Wardanu untuk menyampaikan beberapa hal penting untuk diketahui masyarakat terkait pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan – Kartu Indonesia Sehat (KIS) sekaligus menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dan kerjasama pemerintah daerah Morowali Utara dalam pelaksanaan program JKN-KIS.

BACA JUGA:  Wisatawan Asal Jakarta Tujuan Danau Ubur-Ubur Bokan Kepulauan Karam di Perairan Matanga

“Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang selama ini telah terjalin baik antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Kabupaten Morowali Utara. Melalui kegiatan BUKADESA ini kami menghadirkan layanan ke masyarakat secara langsung yang mana Intinya saat ini kami berupaya agar tidak ada lagi issue masyarakat tidak terdaftar dalam program JKN, melalui inovasi Alisha (Analipu Sehat) yang kami hadirkan harapannya agar dapat memudahkan Masyarakat dalam melakukan pendaftaran dari Desa,” ungkap Yoga.

Ia berharap agar pemerintah Kabupaten Morowali Utara kedepanya tetap menyelengarakan kegiatan seperti ini dan terus mengajak BPJS Kesehatan untuk berkolaborasi dalam memberikan layanan kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Morowali Utara ini.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

Kegiatan BUKADESA ini disambut baik oleh masyarakat setempat. Terlihat dari antusiasme masyarakat yang cukup tinggi dalam mendatangi stand-stand pelayanan yang dihadirkan. 

Beberapa peserta yang hadir di Stand BPJS Kesehatan untuk memperoleh pelayanan menyampaikan bahwa hadirnya BPJS Kesehatan Secara langsung ke masyarakat sangat membantu bagi mereka yang memiliki akses cukup jauh jika harus datang ke kantor secara langsung.

“Hadirnya BPJS Kesehatan secara langsung memberikan pelayanan ke masyarakat tentunya sangat memudahkan bagi kami khususnya saya sendiri. Saya sebelumnya ingin mengalihkan kepesertaan saya yang nonaktif menjadi peserta mandiri karena sudah tidak bekerja lagi di perusahaan. 

Tadinya saya berencana untuk datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan yang ada di kolonodale namun setelah mendengar kabar bahwa BUKADESA akan dilaksanakan desa Mandula saya tidak perlu datang ke kantor lagi dan menempuh perjalanan yang cukup jauh,” kata Fredy Darko lakinta Peserta JKN asal Desa Mandula.

BACA JUGA:  Meneropong Keadilan Islam dalam Kasus Vina, Sebelum 7 Hari: Sebuah Refleksi Hukum dan Moral

Kemudahan Layanan ini juga diapresiasi oleh Dariel Langoti salah satu peserta yang memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan yang dihadirkan di BUKADESA ini.

“Pelayanan sangat bagus dan bermanfaat sekali. Sangat membantu sekali untuk rakyat di desa seperti kami. Intinya saya senang BPJS Kesehatan bisa datang langsung ke desa seperti ini,” kata Dariel.

Harapan akan keberlanjutan program seperti ini banyak disuarakan oleh masyarakat yang hadir pada kesempatan tersebut. Handayani salah satu peserta JKN yang hadir menyampaikan agar program seperti ini kedepannya bisa terus di selenggarakan.

“Harapanya ya agar Program BUKADESA ini bisa terus diadakanoleh pemerintah, karena masyarakat seperti saya yang membutuhkan pelayanan seperti BPJS Kesehatan tidak perlu jauh-jauh lagi ke kantor,” harap Handayani. (*)

Pos terkait