Menteri Pariwisata Sandiaga Uno Ikut Jalan di Ritual Mombowa Tumpe di Batui Banggai

BANGGAI RAYA- Kegiatan budaya ritual adat Mombowa Tumpe atau pengantaran telur maleo di Batui, Kabupaten Banggai, Sabtu petang (2/12/2023), dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno.

Pada kegiatan tersebut, puluhan tokoh adat pembawa telur maleo yang dibungkus dengan daun, berjalan dari Rumah Jabatan Camat Batui hingga ke dermaga Pelabuhan Batui. Prosesi itu diiringi tabuhan gendang dan para pemangku adat yang berjalan beriringan.

BACA JUGA:  PSU dua TPS di Banggai, Pemilih 'Modal KTP' Tak Dilayani

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno dan Bupati Banggai Amirudin juga ikut serta dalam prosesi membawa telur maleo dengan berjalan sekira 1 kilometer. Di dermaga Pelabuhan Batui, telur yang dibawa para tokoh adat itu kemudian dinaikkan ke atas perahu motor yang telah disiapkan, untuk selanjutnya dibawa ke Kota Banggai di Kabupaten Banggai Laut. Di Kota Banggai, para pemangku adat hingga pemerintah daerah setempat juga telah menyiapkan prosesi adat Tumbe, untuk menerima telur maleo yang dibawa dari Batui, Kabupaten Banggai.

BACA JUGA:  Kejari Banggai Limpahksn Kasus Dugaan Korupsi APBDes Matabas ke PN Tipikor Palu

Tokoh adat Banggai sempat menceritakan soal ritual Mombowa Tumpe atau Tumbe (di Banggai Laut) yakni telur burung maleo. Kisah ini berkaitan dengan Raja Banggai Abu Kasim. Karena burung maleo tidak bisa hidup di Banggai Laut, sehingga dibawa ke Matindok di Batui. Sebagai penghormatan, maka setiap tahun ada budaya membawa telur maleo dalam ritual Mombowa Tumpe ke Banggai Laut sebagai pusat kerajaan Banggai.

BACA JUGA:  Pemilu 2024, TPS 12 Luwuk Gelar Pemungutan Suara Ulang

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bahkan ikut langsung dalam prosesi berjalan dari rumah adat Batui menuju dermaga Pelabuhan Batui. DAR