Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Festival Tumpe Masuk Kategori Festival Nusantara

BANGGAI RAYA- Menreri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno menyaksikan langsung prosesi budaya Mombowa Tumpe di Batui, Kabupaten Banggai, Sabtu petang (2/12/2023).

Di dampingi Wakil Gubernur Sulteng Ma’mun Amir dan Bupati Banggai Amirudin Tamoreka, Menteri Pariwisata diterima dengan prosesi cakalele di depan gerbang menuju lokasi ritual Mombowa Tumpe di Rumah Jabatan Camat Batui.

BACA JUGA:  Pemilu 2024, TPS 12 Luwuk Gelar Pemungutan Suara Ulang

Bupati Banggai Amirudin dalam sambutan selamat datangnya mengatakan, kehadiran Menteri Pariwisata Sandiaga Uno adalah suatu kehormatan bagi warga dan Pemda Banggai.

Amirudin sempat memberi gambaran tentang daerah beribukota Luwuk ini, termasuk potensi pariwisata dan UKM.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, ia bahagia bisa hadir langsung dan menyaksikan prosesi budaya Mombowa Tumpe.

BACA JUGA:  710 Kotak Suara Hasil Pleno PPK Tiba di Gudang KPU Banggai, Dijaga Ketat Polisi

Ia bersyukur bahwa daerah Banggai bersaudara telah bersama melestarikan budaya Tumpe. Tiga kabupaten ini dianugerahi keindahan alam yang luar biasa dan budaya yang sangat luhur. Event ini sesuai dengan program keberlanjutan. Burung maleo yang hampir punah harus ada upaya pelestarian dan konservasi. Burung maleo adalah burung yang begitu menetas langsung bisa terbang.

BACA JUGA:  Warga Antusias ikut Pemilu PSU di Dua TPS di Kabupaten Banggai

Ia mengatakan, pariwisata dan pelaku usaha UMKM kreatif menyerap 46 juta pekerja. Festival Tumpe adalah satu yang terbaik dan masuk kategori Festival Nusantara. DAR