Mau Bayar Iuran JKN-KIS? Sekarang Bisa Lewat Pegadaian!

BANGGAI RAYA- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Luwuk menjalin hubungan kerjasama dengan  PT. Pegadaian Cabang Luwuk.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara dua belah pihak, yakni Kepala BPJS Kesehatan Cabang Luwuk, Arif Sugiharto dan Pimpinan PT. Pegadaian Cabang Luwuk, Fahri Mokoagow, Jumat (23/10/2020) di salah satu Kafe yang ada di Shopping Mall Luwuk.

Kerjasama yang dibangun BPJS Kesehatan Cabang Luwuk ini, semata-mata untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS khususnya segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dalam membayar iuran. Ya, saat ini peserta mandiri bisa membayar iuran lewat pegadaian.

“Kerjasama ini dalam hal pembayaran iuran JKN-KIS segemen PBPU atau peserta mandiri. Jadi kolaborasi ini, agar masyarakat memiliki lebih banyak lagi Chanel pembayaran. Artinya dengan pegadaian yang memiliki karakter sendiri, dan mampu menerima pembayaran iuran serta fleksibel waktunya,” ujar Arif Sugiharto usai penandatangan kerjasama.

Tak hanya itu, Pegadaian Cabang Luwuk juga memiliki area kerja yang sangat luas. Sehingga dapat memudahkan masyarakat khususnya peserta mandiri JKN-KIS dalam pembayaran iuran.

“Pegadaian ada di beberapa titik dan kecamatan. Selama ini mungkin masyarakat yang membayar iuran harus datang ke kota, dengan adanya kerjasama ini peserta bisa membayarnya di pegadaian terdekat,” jelasnya.

Kemudian, untuk mendukung program JKN-KIS ini, Pegadaian juga memiliki sejumlah program yang terintegrasi dengan BPJS Kesehatan. “Kerjasama ini nantinya, setiap bulan atau dua minggu sekali kita akan review untuk melihat antusias masyarakat dalam membayar iuran lewat  pegadaian,” tuturnya.

Arif Sugiharto menambahkan, BPJS Kesehatan dan Pegadaian juga akan menindaklanjuti kerjasama ini dengan menyosialisasikan kepada masyarakat dan fasilitas kesehatan.

Sementara, Pimpinan Pegadaian Cabang Luwuk, Fahri Mokoagow mengatakan, dengan kerjasama ini, pihaknya menargetkan adanya peningkatan pembayaran iuran BPJS Kesehatan di pegadaian, yang tadinya hanya 5 persen bisa meningkat menjadi 20 persen.

Untuk mencapai target itu, Pegadaian Cabang Luwuk telah menyiapkan berbagai program spesial bagi peserta JKN-KIS di tengah masa pandemi Covid-19. Bagi peserta mandiri yang kesulitan membayar iuran JKN KIS, pegadaian menyiapkan program Gadai Peduli dengan bunga 0 persen.

“Peserta yang kesulitan membayar iuran, kami bisa kasih solusi dengan program gadai tanpa bunga. Jadi bisa menggadai tanpa beban bunga,” ujar Fahri Mokoagow kepada wartawan.

Kemudian sambung Fahri, pegadaian juga menyiapkan program pembukaan rekening Tabungan Emas secara gratis. Ini diberikan kepada nasabah Gadai Peduli dari BPJS Kesehatan. Serta peserta JKN-KIS yang membayar iuran di Pegadaian bisa mendapatkan undian dengan beragam hadiah.

Sementara untuk sosialisasi, Pegadaian Cabang Luwuk bersama BPJS Kesehatan akan bersinergi dalam menyososialisasikan kerjasama tersebut. Seperti memasang materi-materi promo di Fasilitas Kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. “Termasuk ke seluruh outlet-outlet pegadaian. Di Kabupaten Banggai ini ada 11 outlet termasuk di Kabupaten Banggai Kepulauan dan Banggai Laut,” tandasnya. JAD