Masyarakat Diimbau Waspada dan Jaga Kamtibmas

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Dengan adanya pendemi wabah Coronavirus Disease atau Covid-19, pada 2 April 2020 Kemenkumham mengeluarkan kebijakan dengan melaksanakan program asimilasi dan integrasi dilaksanakan seluruh lembaga pemasyarakatan (lapas) yang ada. Untuk Lapas klas IIb Luwuk, sebanyak 115 narapidana yang mendapat program asimilasi dan integrasi.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Banggai AKBP Budi Priyanto meminta masyarakat tetap waspada dan menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing, guna mencegah aksi kejahatan. Mengingat sudah ada beberapa narapidana asimilasi dan integrasi di seluruh Indonesia, termasuk 1 di daerah ini yang tertangkap karena kembali melakukan aksi kejahatan, dengan mencuri 12 unit Televisi (Tv) LED.

“Untuk mencegah aksi kejahatan kembali dilakukan narapidana asimilasi dan itegrasi, kami mengimbau kepada seluruh warga di daerah ini, untuk waspada dan jaga kamtibmas, karena sudah ada 1 tersangka tertangkap beraksi melakukan pencurian,” ucap Kapolres Banggai, AKBP Budi Priyanto kepada Banggai Raya, Selasa (21/4/2020).

Kapolres Budi menjelaskan, berdasarkan Laporan Polisi (LP) dua warga, anggota anggota Jatanras Polres Banggai berhasil membekuk tersangka Raju, residivis pencurian yang baru dua minggu keluar Lapas, karena program asimiliasi berkaitan wabah covid-19.

Dasar penangkapan tersangka Raju, yakni LP / 163 / IV / 2020 / Sulteng Res Banggai dan LP / 173 / IV / 2020 / Sulteng Res Banggai. Adapun kedua pelapor, yaitu Supriadi (23 tahun) serta Husaima G Tongke (39 tahun), keduanya melaporkan kehilangan barang elektronik jenis TV LED, bertempat di Hotel Swiss Belinn Luwuk dan di Kantor Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan.

Untuk barang bukti TV LED dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Swiss BeliNN Hotel Luwuk, masing-masing 2 unit TV LED LG 42 inc, 9 unit TV LED LG 32 inc. Sementara untuk TKP Kantor Kelurahan Tombang Permai, barang

Sekedar diketahui, tersangka Raju, sebelumnya divonis bersalah dan dihukum 1 tahun 8 bulan penjara, karena melakukan pencurian. Dan baru sekitar 2 Minggu (Pekan) keluar dari Lapas Luwuk, untuk program asimilasi berkaitan wabah covid-19. MAN

Pos terkait