Malabot Tumbe, Camat Labobo Jemput Telur Maleo di Pantai Tolo

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Rombongan adat Batui, Kabupaten Banggai yang membawa telur Burung Maleo dalam ritual Tumpe disambut lansung oleh Camat Labobo, Kabupaten Banggai Laut (Balut) di Pantai Tolo, Desa Mansalean, Kecamatan Labobo, Balut Jumat (3/12/2021).

Camat beserta unsur Tripika dan rombongan adat Batui langsung menuju rumah adat (Sabuah) untuk melakukan prosesi pergantian pembungkus telur Maleo.

Bacaan Lainnya

Setelah proses pergantian pembungkus telur, kemudian pembungkus telur lama atau yang sebelumnya langsung dihanyutkan di laut. Konon kabarnya pada zaman dulu bekas pembungkus telur yang dihanyutkan akan tiba di Pantai Banggai, Balut sebelum rombongan pengantar telur tiba di Banggai.

Dalam sambutannya Camat Labobo, Moh. Nuh HN. Dura menaruh harapan besar agar adat budaya Molabot Tumbe bukan hanya sekedar seremonial. Tetapi bisa menjadi ajang silaturahmi, tak hanya antara Batui dengan Banggai tapi Banggai secara keseluruhan.

“Alhamdulillah adat Malabot Tumbe telah didaftarkan Pemda Balut di Kementerian Parawisata RI dan ini akan menjadi agenda nasional,” kata camat.

“Marilah kita jaga dan lestarikan serta kita wariskan adat ini kepada anak cucu kita dan saya menaruh harapan besar kepada Dinas Parawisata Balut, agar wilayah Tolo bisa dilestarikan demi lancarnya proses Molabot Tumbe ini,” harap Nuh.

Setelah istirahat sejenak, rombongan adat Batui pembawa telur burung Maleo langsung melanjutkan perjalanan menuju Banggai, Balut.(*)

Penulis: Aswan Basir

Pos terkait