Mahasiswa PPKn FKIP Untika Studi Situs Sejarah di Banggai Laut

  • Whatsapp
MAHASISWA mengabadikan momen dalam kegiatan studi situs sejarah di Balut. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Puluhan mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untika Luwuk melakukan studi situs sejarah di Banggai Laut.

Kegiatan ini, berlangsung sejak 25 November 2021 dan akan berakhir pada Selasa hari ini (7/12/2021). Untuk suksesnya kegiatan itu, FKIP Untika Luwuk menjalin kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan MoU bersama Dinas Pariwisata Banggai Laut.

Bacaan Lainnya

Penandatanganan MoU ini untuk FKIP diwakili oleh Wakil Dekan II, Fatimah M Usman M.Pd. “Kegiatannya mulai tanggal 25 November sampai dengan 7 Desember 2021,” ujar Kaprodi PPKn FKIP Untika Luwuk, Ahmadin,S.Pd.,M.Pd., kepada Banggai Raya, Senin (6/12/2021) via pesan WhatsApp.

Kaprodi Ahmadin menjelaskan, dalam kegiatan ini diikuti mahasiswa dari empat tingkatan yakni semester 1, 3, 5 dan semester 7. Untuk panitia studi situs sejarah sendiri diketuai oleh Asmiranda Rajak. “Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan mendapatkan pengetahuan secara langsung khususnya dalam upacara Malabot Tumbe,” katanya.

Terjalinnya kerjasama yang dibangun FKIP Untika Luwuk bersama Dinas Pariwisata Balut dan Pemerintah Desa Lambako, bisa menjadikan kegiatan ini terus berkelanjutan, khususnya Mata Kuliah Pengantar Sejarah Banggai yang merupakan mata kuliah ciri khas dari Prodi PPKn.

Selain itu, melalui kegiatan ini mahasiswa dan dosen juga dapat melakukan penelitian terkait Sejarah Banggai atau tradisi yang masih terjaga sampai sekarang yakni Malabot Tumbe yang nantinya memungkinkan memberikan hasil teori baru untuk diterbitkan dalam jurnal nasional dan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait