Mahasiswa KKN Unismuh Tanam Manggrove di Uwedikan

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Memasuki hari ke 40 dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke- XXVIII, mahasiswa KKN Posko Kota Unismuh Luwuk melakukan penanaman manggrove di Desa Uwedikan, Kecamatan Luwuk Timur, pada Minggu (1/3/2020) pekan lalu.
Koordinator Mahasiswa KKN Angkatan Ke-XXVIII Posko Kota, Unismuh Luwuk, Irwan Malontu mengatakan, penanaman manggrove di Desa Uwedikan diikuti oleh peserta KKN dan civitas akademisi Universitas Muhammadiyah Luwuk, dan dibuka oleh Wakil Rektor (WR) II.
Tujuan penanaman manggrove ini kata dia, untuk pelestarian alam, karena manggrove mempunyai beberapa manfaat dan peranan bagi alam, seperti mencegah intrusi air laut, karena intrusi air laut dapat menyebabkan air tanah menjadi payau, sehingga tidak baik untuk dikonsumsi.
Selain itu, mangrove juga untuk mencegah erosi dan abrasi pantai. Serta menjadi tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa, seperti burung, ikan, udang dan kepiting.
“KKN-nya kami sudah memasuki hari ke- 40. Dan direncanakan pada tanggal 10 Maret 2020 akan di laksanakan penarikan KKN Posko kota. Penanaman manggrove merupakan akhir kegiatan dari KKN Posko kota,” kata Irwan Malontu kepada Banggai Raya, Sabtu (7/3/2020). RUM