Mahasiswa KKN GNRM UMLB Rampungkan 17 Program Kerja

  • Whatsapp
PELATIHAN pembuatan VCO salah satu program yang direalisasikan mahasiswa peserta KKN GNRM. Tampak mahasiswa UMLB tengah memberikan pelatihan kepada warga. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Selama sebulan lebih di lapangan, mahasiswa peserta KKN Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) yang ditempatkan di Desa Tangkiang, Kecamatan Kintom, telah merampungkan sedikitnya 17 program kerja (Proker).

Program kerja yang telah berhasil direalisasikan kepada masyarakat desa setempat itu antara lain, pertama program Pelatihan tata kelola administrasi berbasis IT bagi Aparat Desa, BPD Karang Taruna, Kelompok Tani dan Nelayan.

Bacaan Lainnya

Kedua, Pelatihan Manajemen Pengelolaan Bumdes dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Ketiga, membangkitkan kebiasaan masyarakat untuk hidup bersih melalui gerakan Pinasa setiap hari Jumat. Keempat, pengadaan tempat sampah dan pembuatan stiker ajakan buang sampah pada tempatnya.

Kemudian, kelima yakni Pelatihan pembuatan produk kerajinan tangan dari sampah plastik. Keenam, Sosialisasi dan menanamkan kesadaran tentang patuh protokol kesehatan di masa pandemi. Ketujuh, Sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Kedelapan, sosialisasi tertib keamanan lingkungan. Sembilan, Sosialisasi tertib lalu lintas dan ke-10, mahasiswa kampus hijau itu juga menyosialisasikan sadar pajak.

Selanjutnya,Pelatihan Wirausaha Petani dan Nelayan untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat. Pelatihan meningkatkan kreativitas pada beberapa produk olahan bakso ikan, VCO dan media tanam Cocopeat. Pelatihan pembuatan dan penggunaan kemasan produk yang menarik dan higienis. Mengajak berperilaku hidup rukun dan nilai-nilai budi pekerti dan sopan santun melalui kegiatan keagamaan.

Tiga program lainnya yang direalisasikan yakni memberikan penyuluhan dan pembekalan Nilai-Nilai Agama dan Pancasila, menggalakan budaya gotong royong antar masyarakat maupun pemerintah dan terakhir Penyuluhan tentang nilai-nilai moral dan sosial kepada anak dan remaja.

Telah selesainya 17 program kerja dalam waktu sebulan, saat ini berarti menyisakan satu program lagi yang nantinya akan dirangkaikan dalam peresmian Gapura GNRM oleh Rektor UMLB, Sutrisno K Djawa.

“Iya tinggal satu program lagi yang belum, itu nanti sekaligus peresmian Gapura GNRM,” ujar Koordinator Posko KKN GNRM UMLB Desa Tangkiang, Kecamatan Kintom, Riswanto Sahidah kepada Banggai Raya, Selasa (7/9/2021).

Mahasiswa Peserta KKN GNRM UMLB berharap, semua program yang telah direalisasikan dapat bermanfaat bagi masyarakat, aparat desa dan karang taruna di desa setempat.

“Kita ketahui, bahwa progam GNRM ini bertujuan untuk meningkatkan integritas, etos kerja, dan gotong royong. Semoga semua ini dapat terimplementasikan dalam kehidupan masyarakat,” harapnya.

Pos terkait