Mahasiswa Faperik UMLB Praktik Lapangan Terpadu di Luwuk Timur

  • Whatsapp
MENGABADIKAN momen dalam kegiatan praktik lapangan terpadu di Luwuk Timur. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Puluhan mahasiswa Prodi Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan (Faperik) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) melakukan praktik lapangan terpadu, penyuluhan, sosialisasi, dan bakti sosial, selama tiga hari (17-19/12/2021) di Kecamatan Luwuk Timur.

Adapun pusat praktik ini yaitu Desa Hunduhon, Balai Benih Ikan (BBI) Hunduhon, dan Desa Uwdikan. Peserta yang turun dalam kegiatan ini adalah mahasiswa semester I, III, V dan VII.

Bacaan Lainnya

“Selama tiga hari kegiaannya, mahasiswa semester I, III, V dan VII, semua mata kuliah kejuruan perikanan,” ujar Ketua Panitia Praktik Lapangan Terpadu, Sri Sukari Agustina kepada Banggai Raya, Senin (20/12/2021) kemarin.

Sri Sukari Agustina yang merupakan Dosen Faperik UMLB itu menjelaskan, dalam kegiatan ini mahasiswa memberikan penyuluhan tentang budidaya tambah undang Vannamei. “Kalau penyuluhan, kita menghadirkan pembudidaya tambah dan kegiatannya bertempat di Kantor Desa Uwedikan,” katanya.

Untuk sosialisasi sambung mantan Ketua LP3M ini, mahasiswa Faperik menyosialisasikan tentang fakultas tersebut kepada masyarakat. Ini dilakukan semata-mata untuk membawa Fakultas Perikanan lebih dikenal dan lebih maju lagi.

“Kami juga melakukan bakti sosial dengan membersihkan pantai di sekitar dermaga Desa Uwedikan. Ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa atas lingkungan,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini kata Sri, masyarakat sangat menyambut baik. Terutama masyarakat pembudidaya. Mereka menginginkan adanya pendampingan dari Fakultas Perikanan dalam pengelolaan tambak.

“Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa di lapangan mengenai ilmu pengetahuan dalam teori yang dipelajari pada mata kuliah yang deprogram. Meningkatkan budaya akademik para mahasiswa dengan kegiatan pengabdian masyarakat di desa wilayah praktik,” terang Sri Sukari Agustina. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait