Mahasiswa Biologi UMLB Tanam Mangrove di Lamala

  • Whatsapp
MAHASISWA Prodi Biologi UMLB melakukan penanaman Mangrove di Desa Poroan, Kecamatan Lamala. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Puluhan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) dari semester 2, 4 dan 6 melakukan praktikum Mata Kuliah Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Pengetahuan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Taksonomi Hewan.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak Jumat sampai Minggu (4-6/6/2021) itu berlangsung di Desa Poroan, Kecamatan Lamala, Kabupaten Banggai. Dalam praktikum ini dirangkaikan dengan penanaman pohon mangrove untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2021.

Bacaan Lainnya

“Jumlah mahasiswa yang ikut dalam praktik ini sebanyak 32 orang, itu terdiri dari semester 2, 4 dan 6 dengan lokasi kegiatan Desa Poroan, Kecamatan Lamala,” ujar Ketua Prodi Pendidikan Biologi, FKIP UMLB, Wahyudin Abd. Karim kepada Banggai Raya, Minggu (6/6/2021) via pesan WhatsApp.

Melalui kegiatan ini Wahyudin Abd Karim berharap, dapat menambah wawasan pengetahuan dan bentuk pengaplikasian ilmu yang didapat di dunia kampus. “Praktikum mata kuliah kita rangkaikan dengan penanaman mangrove ini sebagai bentuk kepedulian prodi dan mahasiswa akan maraknya pengrusakan lingkungan ekosistem oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” katanya.

Ia menjelaskan, penanaman mangrove merupakan salah satu upaya untuk melakukan pemulihan  ekosistem yang telah rusak dan melestarikan ekosistem yang sudah ada di Desa Poroan.

“Kami berharap kegiatan yang kami lakukan akan berdampak pada kesadaran masyarakat khususnya Desa Poroan agar lebih menjaga kelestarian lingkungan. Agar tidak membuang sampah sembarangan di laut maupun didaerah mangrove. Agar keanekaragaman hayati tetap terjaga dengan baik dan memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat,” harapnya.

Diketahui, kegiatan ini juga melibatkan pemuda dan Aparat Pemerintah Desa Poroan, Kecamatan Lamala dalam penanaman Mangrove.

Pos terkait