Luar Biasa, Unismuh Luwuk Peringkat 8 Sebagai PTM Terbaik di Indonesia

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Prestasi membanggakan berhasil diraih Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, di bawah pimpinan Rektor Dr. Sutrisno K Djawa.

Betapa tidak, kampus hijau saat ini kembali masuk dalam 10 besar sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik se Indonesia versi webometrics edisi Juni 2022. Bahkan, peringkat yang diraih, naik satu tingkat dari edisi sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Ya, saat ini kampus favorit di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai itu berada di peringkat delapan, setelah sebelumnya hanya di posisi sembilan. Capaian ini tentunya sangat membanggakan, dan patut diacungi jempol.

Adapun 10 perguruan tinggi muhammadiyah terbaik di Indonesia versi Webometrics per Juni 2022, adalah sebagai berikut.

Peringkat pertama ditempati Universitas Muhammadiyah Yogykarta, kedua Universitas Muhammadiyah Surakarta, ketiga Universitas Muhammadiyah Malang, keempat, Universitas Prof. Dr. Hamka, dan kelima Universitas Muhammadiyah Jember.

Kemudian, peringkat enam ditempati Universitas Muhammadiyah Ponorogo, ketujuh Universitas Muhammadiyah Semarang, kedelapan Universitas Muhammadiyah Luwuk, kesembilan Universitas Muhammadiyah Purworejo dan peringkat sepuluh Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Atas capaian yang diraih ini, Rektor Unismuh Luwuk, Dr. Sutrisno K Djawa SE., MM., tak lupa menyampaikan rasa syukur. “Alhamdulilah, naik satu tingkat (dari sembilan naik ke delapan, Red),” ujarnya kepada Banggai Raya, Senin malam (13/6/2022) via pesan WhatsApp.

Menurutnya, prestasi yang diraih ini tentunya perlu disyukuri dan dijadikan sebagai motivasi agar bisa lebih meningkat lagi.

“Ini tentunya juga berkat kerja sama semua pihak. Termasuk media yang juga ada andil dalam capaian luar biasa ini,” katanya.

Untuk membawa kampus hijau lebih maju dengan prestasi-prestasi, Rektor Dr. Sutrisno K Djawa tak henti-hentinya terus menggaungkan tagline mobilisasi berkemajuan.

“Kita berusaha bergerak terus, sesuai tagline Mobilisasi Berkemajuan. Unismuh Luwuk adalah milik kita bersama yang perlu kita terus majukan,” tuturnya.

Rektor menambahkan, kampus hijau adalah salah satu aset di daerah ini yang menjadi perantara untuk meningkatkan SDM. Olehnya, kolaborasi semua stakeholder sangat dibutuhkan untuk memajukan kampus hijau tercinta.

Untuk diketahui, dalam pemeringkatan Webometrics ini ada tiga indikator penilaian untuk menentukan peringkat perguruan tinggi terbaik yakni visibility (50%) yang diukur dari jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke laman institusi.

Kemudian transparency (10%) merupakan penilaian dari jumlah sitasi dari 210 penulis teratas dan excellence (40%) atau jumlah artikel publikasi ilmiah diantara 10% teratas yang paling banyak dikutip dari 27 disiplin ilmu.

Webometrics atau Ranking Web adalah pemeringkatan institusi pendidikan tinggi terbesar di dunia. Informasi tentang performa universitas di seluruh dunia ini diperbarui tiap enam bulan.

Webometrics atau Ranking Web bertujuan mempromosikan Open Access pada ilmu pengetahuan yang dilakukan universitas. Strategi terbaik untuk memperbaiki peringkat adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas konten web.

Meski menilai konten web, Webometrics atau Ranking Web menilai kinerja universitas. Rangking dan kinerja ditandai keterbukaan akses, jumlah peneliti atau dosen, dan jumlah publikasi yang mengutip informasi dari situs universitas tersebut. (*)

Editor: Jajad

Pos terkait