Longsor dari Areal Nikel Tutupi Jalan Tompotika Makmur di Banggai, Akses Warga Terganggu

BANGGAI RAYA-Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Masama, Kabupaten Banggai, termasuk di Desa Tompotika Makmur, menyebabkan longsor dari kawasan pertambangan nikel PT Anugerah Tompira Nikel (ATN), Jumat (14/6/2024).

Material longsor menutupi jalur jalan yang menghubungkan Desa Tompotika Makmur dan Desa Kembang Merta, sehingga berbagai aktivitas warga terhambat.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Kades Tompotika Makmur Erawati Madina, longsor yang terjadi pada Kamis malam telah mengganggu aktivitas warga pada Hari Jumat.

Kerugian yang dialami warga antara lain, pekerja atau buruh harian yang hendak bekerja di Kembang Merta dan sekitarnya, tidak bisa bekerja karena akses putus sebab jalur jalan tertimbun material. Padahal cukup banyak warga yang bekerja sebagai buruh tani.

Listrik juga padam sejak Kamis malam pukul 20.00 karena ada tiang listrik yang terkena material longsor dan baru menyala pada pukul 17.30 di hari Jumat, setelah PLN mengganti tiang listrik yang roboh.

Kerugian lainnya adalah anak-anak sekolah dari Tompotika Makmur tidak bisa sekolah di SMAN 1 di Desa Eteng atau MAN Padangon, karena akses jalan tertimbun longsor. Ada juga pemilik sawit yang mengalami kerugian karena kebun sawitnya dipenuhi material longsor, bahkan ada delapan pohon yang tumbang.

Longsor itu sendiri menurut informasi mantan Kades Tompotika Makmur Saiful Anggo, diduga terjadi setelah tanggul penahan air milik perusahaan jebol, sehingga tumpahan materialnya menutupi akses jalan penghubung Desa Tompotika Makmur dan Kembang Merta. Timbunan itu sudah dibersihkan setelah PT ATN menurunkan alat berat. Namun demikian, pihak perusahaan diharap bisa memperbaiki tanggul dan menambah kolam penampungan air, sebelumnya airnya dialirkan ke saluran pembuangan. DAR/**