Lomba Desa, Taduno Bangkurung Balut Miliki Produk Unggulan Ikan Roa

  • Whatsapp
Kades Taduno, Moh. Safi'i Pilok saat memberikan laporan kepada rombongan tim penilai. FOTO: ASWAN

Kades Harap Ini Dapat Meningkatkan Partisipasi Masyarakat!

BANGGAI RAYA – Di hari kedua penilaian lomba desa tahun 2022, dilakukan di Desa Taduno sebagai utusan Kecamatan Bangkurung, Kabupaten Banggai Laut.

Bacaan Lainnya

Desa yang secara greografis terletak di semenanjung Selatan Pulau Bangkurung ini, memiliki produk unggulan yakni Ikan Roa, Sambal Roa dan Abon Roa.

Untuk mencapai keberhasilan dalam pembangunan di segala bidang, Pemerintah Desa Taduno memiliki misi menciptakan tata kelolah pemerintahan yang baik dan bersih guna mewujudkan kehidupan masyarakat desa yang adil, makmur dan sejaterah. Itu berdasarkan kearifan lokal yang berbudaya serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Diketahui, Desa Taduno ini adalah salah satu desa tertua di Balut dengan masa pemerintahan diawali tahun 1760 dengan pemimpinnya seorang srikandi dengan gelar Mumbu Selekan dengan kekuasaannya meliputi wilayah Bokan Kepulauan, Pulau Labobo dan pulau Bangkurung.

Desa Taduno memiliki jumlah penduduk 668 jiwa yang terdiri dari laki-laki 348 jiwa dan perempuan 320 jiwa dengan 202 kk. Desa ini dipimpin oleh Kades Safi’i Pilok.

Saat membacakan sambutannya, Kades Taduno Safi’i Pilok berharap, lomba desa ini bisa jadi pemicu peningkatan kinerja pemerintahan desa serra meningkatkan partisipasi mastarakat dalam pembangunan.

“Karna menjadi juara dalam perlombaan desa kali ini bukanlah tujuan akhir bagi kami, namun yang kami harapkan di perlombaan ini adalah agar kiranya tim penilai dalam melakukan penilaian kami mendapatkan hasil yang posifif,” ucap Kades Safi’i Pilok yang pernah membawa desanya juara I lomba Desa P2KSS tingkat Kabupaten Balut dan mewakili Balut di tingkat Propinsi Sulteng. (*)

Penulis: Aswan

Pos terkait