Lestarikan Kearifan Lokal, Budayawan Banggai Apresiasi Komitmen Herwin Yatim

BANGGAI RAYA- Bupati Herwin Yatim diakui sebagai pemimpin yang memiliki komitmen kuat dan konsisten terhadap pelestarian kesenian dan budaya yang telah menjadi kearifan lokal Kabupaten Banggai. Sehingga hal tersebut menuai apresasi dari berbagai kalangan, diantaranya para Budayawan Banggai.

Curimin (63), salah satu tokoh budayawan dari Desa Dwipakarya, Kecamatan Simpang Raya yang mengapresiasi komitmen orang nomor satu di Banggai tersebut. Menurutnya, Bupati Herwin selama ini sangat mendorong dan mendukung kelestarian budaya dengan cara terus menunjukkan kesenian-kesenian tradisional di masyarakat.

“Contohnya, ya sama seperti di acara nikah massal ini, kesenian-kesenian yang ada, khususnya di Kecamatan Simpang Raya. Semua ditampilkan di depan masyarakat, jadi masyarakat tidak lupa akan kesenian daerah,” ungkap Curimin.

Bahkan, Curimin sangat mengapresiasi komitmen Bupati Herwin yang terus konsisten untuk merawat kesenian budaya dengan menampilkan kesenian budaya di berbagai acara-acara yang resmi.

Tidak jauh berbeda dari Curimin, Jusri Mansoba (37) salah seorang budayawan dari Kecamatan Nambo. Ikut mengatakan bahwa sebagai pemimpin daerah, Bupati Herwin merupakan sosok yang sangat menjaga kearifan lokal seni budaya di Basel.

“Saya bangga, Beliau (Bupati Herwin) sebagai pemimpin tetap menjaga tradisi seni budaya yang ada di Banggai,” kata Jusri, saat ditemui langsung dalam kesempatan yang berbeda.

Jusri berharap agar di masa sekarang, seni budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Banggai tidak hilang termakan zaman. Hal ini menurutnya, membutuhkan semua dukungan dari semua elemen masyarakat.

Dalam kesempatan yang berbeda, Bupati Herwin mengatakan bahwa kesenian budaya merupakan kekayaan dan potensi daerah yang senantiasa harus dijaga dan dilestarikan.

“Agar ini menjadi daya tarik bagi wisatawan dan mendatangkan dampak ekonomi untuk masyarakat. Jadi pemerintah daerah, akan selalu terus mendorong dan mendukung agar upaya pelestarian seni budaya dapat senantiasa terjaga,” ujar Bupati berprestasi ini. JAD/*

92 Pengunjung membaca berita ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!