Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan Beri Kemudahan Peserta Akses Layanan

Sebagai upaya untuk mempermudah akses layanan administrasi masyarakat termasuk peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Luwuk hadirkan layanan Mobile Customer Service (MCS) di Puskesmas Biak, Kecamatan Luwuk Utara, Kamis (09/03). FOTO: IST

BANGGAI RAYA- Sebagai upaya untuk mempermudah akses layanan administrasi masyarakat termasuk peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Luwuk hadirkan layanan Mobile Customer Service (MCS) di Puskesmas Biak, Kecamatan Luwuk Utara, Kamis (09/03).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Luwuk, Sanny Christian Mangundap mengatakan, MCS merupakan program rutin yang terus digalakan guna meningkatkan kepuasan dan kemudahan layanan peserta JKN.

Dirinya menyebut, meksi saat ini sudah banyak dihadirkan kanal layanan digital oleh peserta JKN, namun MCS dinilai tetap perlu dilakukan untuk menjangkau daerah-daerah yang masih mempunyai kendala jaringan atau jaringan internet yang tidak stabil. Selain itu, faktor karakteristik sebagian masyarakat di daerah yang belum terbiasa menggunakan layanan digital dan masih memilih untuk layanan tatap muka langsung  juga menjadi salah satu pertimbangkan MCS terus digalakan.

“Pihak kami akan terus konsisten dalam melakukan kegiatan jemput bola melalui MCS. Program ini akan kami lakukan secara rutin dan berkala di setiap Puskesmas atau kelurahan dan desa demi memperluas jangkauan pelayanan BPJS Kesehatan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Banggai dan sekitarnya,” kata Sanny.

BACA JUGA:  Alasan Ahmad Ali Dukung Sulianti Murad, Tinggalkan Amirudin

Lebih lanjut, Sanny menjelaskan, dalam pelaksanaan MCS, masyarakat dan peserta JKN dapat memanfaat berbagai layanan administrasi JKN seperti, pendaftaran kepesertaan baru untu peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), perubahan data, penambahan anggota keluarga, edukasi registrasi dan penggunaan Aplikasi Mobile JKN, pengaduan layanan hingga pemberian informasi oleh petugas dan layanan administrasi JKN lainnya. Dia berharap hadirnya MCS dapat membantu menghemat waktu masyarakat yang tidak perlu jauh-jauh datang langsung ke kantor.

“Dalam pelaksanaannya, kami juga selalu berkoordinasi dengan pihak Puskesmas atau pemerintah setempat, demi memberikan informasi kepada warga sekitar terkait adanya layanan MCS,” jelas Sanny.

BACA JUGA:  Sepupu Berkelahi di Luwuk, Satu Meninggal

Sanny menambahkan, antusiasme warga maupun pegawai instansi setempat sangat tinggi dalam mengakses layanan Program JKN. Hal ini terlihat dari silih bergantinya masyarakat yang datang pada kegiatan MCS di Puskesmas Biak ini. Pada umumnya peserta banyak yang memanfaat layanan informasi dan perubahan data kepesertaan, ada juga beberapa masyarakat yang melalakukan pendaftaran kepesertaan baru.

“Layanan yang diberikan pada kegiatan MCS adalah layanan yang sama dengan yang ada di kantor Cabang, sehingga masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke kantor akan sangat terbantu dengan adanya MCS ini,” tambah Sanny.

Salah satu peserta yang ikut memanfaat layanan pada MCS kali ini adalah Ani. Dia mengaku senang dan sangat terbantu dengan kehadiran MCS di daerahnya. Dengan aktivitas kesehariannya yang cukup padat, dirinya tidak perlu lagi menempuh perjalanan jauh untuk datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Ani menyampaikan, awalnya dia mendapatkan informasi dari tetangganya terkait pelaksanaan MCS di Puskesmas Biak.

BACA JUGA:  Operasi Patuh Tinombala Dimulai, Berlangsung Hingga 28 Juli 2024

“Orang sekitar rumah kasih tau saya ada MCS dari BPJS Kesehatan. Makanya tadi pagi saya datang dan konfirmasi langsung ke Puskesmas dan ternyata benar ada MCS dari BPJS Kesehatan hari ini di Puskesmas Biak. Pelayanan ini sangat membantu sekali, karena hampir semua pelayanan bisa dilakukan kecuali cetak kartu BPJS. Kata petugasnya sekarang semakin mudah, kalau ma uke Puskesmas atau rumah sakit cukup pakai KTPlangsung dapat dilayani, jadi kartu BPJS tidak perlu di cetak,” ucap Ani.

Ani juga berharap, layanan seperti ini agar dapat terus dilakukan sampai di desa-desa bahkan ke kepulauan. Baginya layanan MCS merupakan langkah bijak untuk memudahkan masyarakat. (*)

Pos terkait