Layanan BPJS Keliling Mudahkan Masyarakat Mengakses Pelayanan 

BANGGAI RAYA- Sebagai upaya untuk mempermudah akses layanan administrasi masyarakat termasuk peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Luwuk hadirkan layanan BPJS Keliling pada Kamis (09/03). 

Pejabat Pengganti Sementara (PPS) Kepala BPJS Kesehatan Cabang Luwuk, Riskha B Husain mengatakan, layanan BPJS Keliling merupakan program rutin yang terus digalakan guna meningkatkan kepuasan dan kemudahan layanan peserta JKN, khususnya yang ada di wilayah kerja Kantor Cabang Luwuk.

Ia menyebut, meski saat ini sudah banyak dihadirkan kanal layanan digital oleh peserta JKN, namun BPJS Keliling dinilai tetap perlu dilakukan untuk menjangkau daerah-daerah yang memiliki jarak lumayan jauh dari kantor cabang maupun kabupaten. 

Selain itu, faktor karakteristik sebagian masyarakat di daerah yang belum terbiasa menggunakan layanan digital dan masih memilih untuk layanan tatap muka langsung juga menjadi salah satu pertimbangan layanan jemput bola terus digalakan.

BACA JUGA:  PSU TPS 2 Karaton di Banggai, Prabowo Menang Telak, Partisipasi Pemilih 68 Persen

“Layanan BPJS Keliling ini akan selalu konsisten dilaksanakan bergantian di beberapa titik strategis di wilayah kerja kantor cabang Luwuk, mengingat antusias masyarakat yang tinggi akan jenis pelayanan seperti ini. Tidak sedikit juga kelurahan–kelurahan atau kecamatan yang meminta BPJS Kesehatan untuk datang langsung ke tempat mereka untuk memberikan pelayanan adminstrasi maupun pemberian informasi langsung kepada peserta,” kata Riskha.

Lebih lanjut, Riskha menjelaskan, dalam pelaksanaan layanan BPJS Keliling, masyarakat dan peserta JKN dapat memanfaat berbagai layanan administrasi JKN seperti, pendaftaran kepesertaan baru untu peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), perubahan data, penambahan anggota keluarga, edukasi registrasi dan penggunaan Aplikasi Mobile JKN, pengaduan layanan hingga pemberian informasi oleh petugas dan layanan administrasi JKN lainnya. Dia berharap hadirnya layanan jemput bola ini dapat membantu menghemat waktu masyarakat yang tidak perlu jauh-jauh datang langsung ke kantor.

BACA JUGA:  Pastikan Berjalan Lancar, Kapolres Banggai Pantau Langsung PSU di 2 TPS Kota Luwuk

“Dalam pelaksanaannya, kami juga selalu berkoordinasi dengan pihak Kepala Puskesmas atau pemerintah setempat, demi memberikan informasi kepada warga sekitar terkait adanya layanan BPJS Keliling ini,” jelas Riskha.

Riskha menambahkan, antusiasme warga maupun pegawai instansi setempat sangat tinggi dalam mengakses layanan Program JKN. Hal ini terlihat dari silih bergantinya masyarakat yang datang pada kegiatan BPJS Keliling ini. Pada umumnya peserta banyak yang memanfaat layanan informasi dan perubahan data kepesertaan, ada juga beberapa masyarakat yang melalakukan pendaftaran kepesertaan baru.

“Layanan yang diberikan pada kegiatan BPJS Keliling adalah layanan yang sama dengan yang ada di kantor cabang, sehingga masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke kantor akan sangat terbantu dengan adanya MCS ini,” tambah Riskha.

Salah satu peserta yang ikut memanfaat layanan pada BPJS Keliling kali ini adalah Deni. Dia mengaku senang dan sangat terbantu dengan kehadiran layanan jemput bola di daerahnya. Dengan aktivitas kesehariannya yang cukup padat, dirinya tidak perlu lagi menempuh perjalanan jauh untuk datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Deni menyampaikan, awalnya dia mendapatkan informasi dari pihak puskesmas terkait pelaksanaan BPJS Keliling ini.

BACA JUGA:  PSU dua TPS di Banggai, Pemilih 'Modal KTP' Tak Dilayani

“Waktu itu diinformasikan oleh pihak puskesmas tentang adanya pelayanan BPJS Kesehatan di sini. Daripada jauh jauh datang ke kantor, dengan adanya BPJS keliling ini tentunya akan memudahkan kami sebagai masyarakat unutk medapatkan pelayanan seperti pindah faskes atau sekedar cek data peserta,” ungkap Deni.

Deni juga berharap, layanan seperti ini agar dapat terus dilakukan sampai ke pelosok-pelosok desa sehinga smeua dapat meraskaan pelayanan yang sama. Baginya layanan BPJS Keliling merupakan langkah bijak untuk memudahkan peserta Program JKN. (*)