Launching Bantuan Tunai 2023, 1 KPM di Banggai Terima Rp1 Juta

BANGGAI RAYA– Sebanyak 739 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Banggai, mulai menerima Bantuan Tunai (Bantu) Tahap I dari Pemprov Sulteng dengan besaran Rp1 juta per penerima, Selasa (2/5/2023), bertempat di Kantor Cabang Bank Sulteng Luwuk.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) Sekretariat Daerah (Setda), Nur Djalal yang mewakili bupati, menghadiri kegiatan Launching Penyerahan Secara Simbolis Program Bantuan Tunai (Bantu) Tahap I Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023 tersebut.

Bupati Banggai dalam sambutan tertulisnya menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang telah bekerja maksimal dalam mempersiapkan segala sesuatu agar kegiatan penyerahan itu lancar.

BACA JUGA:  Naas! Lakalantas di Masama Banggai, Dua Pemotor Alami Patah Tulang

“Penyaluran Bantuan Tunai (Bantu) ini sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 400.9.14.5/107/DINSOS-G.ST/2023 Tanggal 3 Maret 2023 tentang penetapan penyaluran pemberian Bantuan Tunai bagi masyarakat miskin dan tidak mampu di Provinsi Sulawesi Tengah,” tuturnya.

Bupati mengatakan bahwa hal ini dilakukan secara transparan, demokratis, dan akuntabel sehingga penyaluran Bantuan Tunai Tahap I ini mudah dipantau serta dievaluasi untuk mengurangi penyimpangan penyaluran bantuan tunai tahun 2023.

BACA JUGA:  Ketua TP PKK Banggai Hadiri Rakor PKK Provinsi Sulteng

“Bantuan Tunai adalah salah satu bentuk program pengentasan kemiskinan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah yang bertujuan untuk membantu mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin dalam pemenuhan kebutuhan dasar, yaitu sandang, pangan, dan papan di Provinsi Sulawesi Tengah,” ucapnya.

Dia berharap dengan adanya program Bantuan Tunai yang dilaksanakan di Kabupaten Banggai dapat mengakomodir keinginan dan kebutuhan para penerima bantuan.

Kepala Dinas Sosial Irpan Poma, menjelaskan bahwa jumlah total penyaluran Bantuan Tunai ini sebanyak 739 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), tersebar di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Banggai.

BACA JUGA:  Awal Masuk Sekolah, SMPN 3 Luwuk Gelar Halal Bihalal

Di akhir kegiatan tersebut, penyerahan secara simbolis diberikan langsung oleh Asisten I, Kepala Dinsos, Camat Luwuk, dan Kepala Cabang Bank Sulteng Luwuk.

Turut hadir pula Pimpinan OPD, Camat Luwuk beserta unsur Tripika Kecamatan Luwuk, Kepala Cabang Bank Sulteng Luwuk, Koordinator Program Keluarga Harapan, dan masyarakat penerima bantuan.**