Kunjungan Bupati Sofyan Kaepa di UMLB Bahas Lanjutan MoU

  • Whatsapp
Foto : Bupati Balut, Sofyan Kaepa bersama Rektor UMLB, Sutrisno K. Djawa, WR II, Nirwan Muh. Nur dan Sekretaris BPH, Sahraen Sibay. FOTO RUM LENGKAS

BANGGAI RAYA- Pertemuan Bupati Banggai Laut (Balut), Sofyan Kaepa dengan Rektor Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) dan jajarannya, berlangsung di ruang kerja Rektor, sekira pukul 14.30 Wita, Kamis (13/1/2022).

Pertemuan itu dalam rangka membicarakan kelanjutan kerjasama atau Mou yang telah ditandatangani di masa kempimpinan Rektor Dr. Farid Haluti dan Bupati Balut, Wenny Bukamo.  

Bacaan Lainnya

“Hasil pertemuannya, kami membicarakan kerjasama. Karena kemarin kita sudah menandatangani MoU masih di masa Rektor DR. Farid Haluti itu sudah ada MoU dengan bupati sebelumnya, Wenny Bukamo. Beliau masih mau lihat dulu masa berlakunya sampai kapan, kalau memang harus diperbaharui atau diperpanjang kembali,” kata Rektor UMLB, Sutrisno K. Djawa yang didampingi WR 2, Nirwan Muh. Nur kepada Banggai Raya, usai pertemuan.

Kerjasama itu lanjut Sutrisno, menyangkut persoalan penelitian dan naskah akademik. Membackup program-program Pemda Balut, menyangkut Tri Dharma Perguruan Tinggi, terhadap penelitian, pengabdian pada masyarakat dengan pembelajarannya.

Kesempatan itu, rektor juga melaporkan keadaan UMLB, saat ini memiliki delapan fakultas dan 15 Prodi serta akan menyusul nanti Prodi Bisnis Digital. Kemungkinan di bulan-bulan depan, izin dari prodi tersebut sudah ada. Keterkaitan dengan Kabupaten Balut, banyak potensi yang perlu dikerjasamakan.

“Kami juga minta agar mahasiswa baru dari Balut kalau bisa diberikan beasiswa dari Pemda. Beliau katakan itu sudah ada, berupa bantuan studi akhir, yang diperuntukan untuk mahasiswa dari Kabupaten Balut, iya di sini (UMLB) banyak mahasiswa dari Balut. Itu untuk bantuan studi akhir, tapi kami juga minta kalau boleh untuk pelaksanaan bagi mahasiswa yang masih melaksanakan studi, bisa diberikan,” harapnya. 

Harapan UMLB dari hasil pertemuan ini kata dia, semua tergantung Bupati Balut untuk bisa membackup semua kegiatan UMLB dalam membantu peningkatan SDM bagi masyarakat Balut.

“Semua terserah dari beliau, karena beliau adalah pengguna anggaran. Kalau memang bupati konsentrasi ke SDM-nya warga Balut, dia harus dorong itu,” cetusnya.

Menyangkut kunjungan, Ia menjelaskan, Bupati Balut Sofyan Kaepa merupakan keluarga Muhammadiyah, sehingga melakukan silaturahmi bersama rektor dan jajarannya serta pejabat UMLB.

Pertemuan ini tidak diagendakan, kebetulan Bupati Balut akan menghadiri kegiatan Silaturahmi Alumni SMAN 2 Luwuk dalam rangka HUT Ke-41, sebab Sofyan Kaepa merupakann Alumni dan juga Ketua IKA SMAN 2 Luwuk Periode 2021-2026.

Ada agenda untuk membuka kegiatan lomba-lomba dalam rangka menyemarakan HUT Ke-41 SMAN 2 Luwuk.

“Sebelum ke SMAN 2 Luwuk, sambil menunggu waktunya beliau singgah di UMLB. Sofyan Kaepa salah satu pendiri Universitas Muhammadiyah Bau-Bau, serta juga mantan Ketua IMM Kendari. Iya, kalau SD lulusan dari Luwuk, di SD Muhammadiyah Luwuk,” terang Sutrisno.

Rektor Sutrisno K Djawa mengatakan, di Fisip ada Ilmu Pemerintahan, bisa untuk desa-desa di Balut, untuk Bumdes dan Perdes. Kemudian saat ini Balut ditetapkaan sebagai KEP, khusus wilayah perikanan. Maka ada Fakultas Perikanan tentang kajian-kajian pemberdayaan masyarakat.

Kerjasamanya akan segera dilaksanakan,  mengenai pembuatan naskah akademik dan kawasan ekonomi serta pembentukan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) tentang air minum. Jadi naskahnya Insya Allah, Unismuh Luwuk yang akan membuatkannya.

“UMLB mempersiapkan segala sesuatu tentang perikanan, karena UMLB ada Fakultas Perikanan. Bupati juga sempat menanyakan tentang program strata dua (S2), kami sampaikan UMLB di tahun 2022 ini akan membuka program S2, itu rencananya kalau SDM mencukupi, mungkin S2 akan dibuka. Itu untuk pembukan Prodi Pasca Sarjana untuk Magister Managemen (MM),” tuturnya.

“Iya, istrinya dosen dengan gelar Doktor, maka kami akan memfasilitasi agar bisa memberikan kuliah umum di Unismuh Luwuk sesuai dengan disiplin ilmunya, kebetulan istrinya Doktor Perikanan. Bagus ini, seorang pimpinan daerah membuka ruang untuk kerjasama dengan perguruan tinggi, terutama dengan perguruan tinggi lokal. Jangan sampai faktor gengsi dengan mengundang perguruan tinggi dari luar. Kami sangat memberikan apresiasi kepada Bupati Balut, Sofyan Kaepa karena mau kerjasama dengan UMLB,” tutup Sutrisno K Djawa. (*)

Penulis: Rum Lengkas

Pos terkait