KPUD Banggai Laut Gelar Debat Paslon Bupati dan Wabup

BANGGAI RAYA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Banggai Laut (Balut) telah selesai menggelar debat publik pertama bagi Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020, Kamis (20/10/2020) pekan lalu.

Debat kandidat yang dilangsungkan di Gedung Labotan Sosodek ini mengusung tema “Memajukan Daerah, Meningkatkan Pelayanan Publik dan Kesejahteraan Masyarakat”.

Turut dihadiri Pj. Sekda Balut, Idhamsyah Tompo, Kapolres Banggai Kepulauan, AKBP. Reja A. Simajuntak SH, SIK, MM dan empat orang tim pakar, dua dari Universitas Tadulako, satu dari IAIN dan satu dari Universitas Alhairat Palu.

Diketahui, Pilkada Balut tahun 2020 ini diikuti empat pasangan calon. Empat Paslon itu adalah Nomor Urut 1 H. Wenny Bukamo dan Ridaya Laodengkowe (WB-RL), Nomor Urut 2, Rusli Banun dan Asgar B. Badalia (Rudal), Nomor Urut 3 Hj. Tuty Hamid dan Richard B. S. Manuas (Tuty – Richard), dan Nomor Urut 3 Paslon Sofyan Kaepa dan Ablit (Basoka).

Dalam sambutannya, Ketua KPUD Banggai Laut, Moh. Sarif Uda’a mengatakan, tujuan dilakukannya debat kandidat ini sebagai upaya untuk memperluas visi misi dan program kerja.

“Dengan adanya debat kali ini akan memberikan informasih yang koperhensif sebagai pertimnangan masyarakat dalam menentukan pilihannya,” ujarnya.

Menurutnya, debat kandidat tahun ini tidak mengalami perubahan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Hanya saja, karena saat ini di hadapkan dengan adanya Covid-19 maka wajib hukumnya kita tetap mengacu dan patuh pada protokol kesehatan,” pungkas Sarif. ASW