KPU Sulteng Launching Aplikasi ‘Si MaCACA’

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA – KPU Sulteng melaunching aplikasi Sistem Informasi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat (Si MaCACA), di Studio RPP TV KPU Sulteng, Kamis (30/4/2020). Aplikasi itu dilaunching langsung oleh Anggota KPU RI, Dewa Raka Sandi melalui daring.

Kegiatan itu juga sekaligus dirangkaikan dengan peluncuran Rumah Pintar Pemilu (RPP) TV, dalam rangka pelayanan informasi publik kepemiluan dan kelembagaan KPU.

Kegiatan yang dilaksanakan melalui sambungan media online dengan menggunakan aplikasi zoom ini, diikuti seluruh anggota KPU kabupaten/kota se Sulteng yang membidangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan itu hadir pula Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming dan seluruh anggota KPU Sulteng.

Dalam arahannya, anggota KPU RI, Dewa Raka Sandi mengatakan, peluncuran aplikasi ini untuk mengantisipasi kelanjutan tahapan Pilkada apabila pelaksanaan pemilihan dilaksanakan di tengah situasi Covid-19. Di samping itu dia berpesan agar RPP bisa menjadi pusat pendidikan khusus bagi para relawan demokrasi, masyarakat pemerhati pemilu dan juga para penyelenggara.

Di akhir penyampaian Dewa Raka Sandi yang juga adalah mantan Ketua KPU Bali berharap, bahwa RPP adalah sarana untuk mendekatkan lembaga KPU dengan masyarakat.

Sementara itu, anggota KPU Sulteng, Sahran Raden menyampaikan, bahwa RPP TV dan aplikasi Simacaca  di desain sebagai sarana dalam peningkatan partisipasi pemilih dan sebagai wujud pendidikan pemilih untuk menginformasikan terkait tahapan dan non tahapan pemilu kepada masyarakat.

RPP TV juga akan digunakan oleh lembaga KPU untuk menyampaian informasi kepemiluan  melalui dialog atau talk shaw, dengan mengundang pihak berkompenten dan akan disiarkan secara lansung melalui Chanel aplikasi Youtube dan Facebook (FB) KPU Sulteng.

“Sedangkan aplikasi Si MACACA  yang berisi konten sosialisasi, kegiatan, kelembagaan dan hasil pemilu maupun pemilihan dapat di download di aplikasi Playstore,” jelasnya.

Kegiatan itu pun dilanjutkan dengan dialog yang bertema ‘Tantangan Peningakatan Partisipasi masyarakat pada Pemilihan Tahun 2020 di Era Covid-19’. Dengan menghadirkan narasumber dari anggota KPU RI, Dewa Raka Sandi, Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming dan Anggota KPU Sulteng, Sahran Raden. URY/*

Pos terkait