KPU Banggai Tunda 4 Tahapan Pilkada Banggai

Makmur Dg Manesa

BANGGAI RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banggai secara resmi menunda empat tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Penundaan itu sebagaimana menindak lanjuti surat edaran dari KPU RI, dalam menyikapi Covid-19 atau virus corona.

“Ya, penundaan itu berlangsung secara otomatis sebagaimana menindak lanjuti surat edaran KPU RI, tentang penundaan empat tahapan Pilkada 2020. Dan dalam waktu dekat ini, kami akan menindak lanjuti melalui keputusan KPU Banggai,” ujar Komisioner KPU Banggai, Makmur Dg Manesa kepada Banggai Raya, Rabu (25/3/2020).

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

Empat tahapan yang ditunda itu jelas Makmur, pertama penundaan masa kerja Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang baru saja dilantik pada tanggal 22 Maret 2020. Kedua, penundaan tahapan verifikasi dukungan calon perseorangan.Ketiga, penundaan tahapan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan pelaksanaan coklit.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

Keempat,penundaan tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. ”Waktu penundaannya dimulai tanggal 23 Maret 2020 sampai dengan batas waktu yang akan ditentukan kemudian oleh KPU RI,” terang Makmur.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

Diketahui, penundaan tahapan pilkada tersebut didasarimelalui surat keputusan KPU RI nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tanggal 21 Maret 2020, tentang penundaan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan/atau walikota dan wakil walikota tahun 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.URY