KPU Banggai Tanpa Komisioner, Hasil Fit And Proper Tes Komisioner Baru Belum Ada

BANGGAI RAYA-Lima Komisioner KPU Banggai periode 2018-2023 sudah mengakhiri masa tugasnya pada 13 Juli 2023. Sementara KPU RI belum mengumumkan hasil fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 peserta seleksi komisioner KPU Banggai yang baru. Hingga Jumat siang (14/7/2023), belum ada penetapan lima nama yang menjadi anggota atau komisioner KPU Banggai yang baru.

BACA JUGA:  Sepupu Berkelahi di Luwuk, Satu Meninggal

Karena kondisi tersebut, maka KPU Banggai saat ini praktis tanpa komisioner.

Seorang peserta seleksi komisioner KPU Banggai yang sudah mengikuti fit and proper test mengakui bahwa hingga Jumat ini belum ada pengumuman hasil uji kelayakan tersebut. “Kami juga belum mengetahui kapan KPU RI pengumuman hasil fit and proper test itu,” kata Amir Buhang, salah satu peserta seleksi komisioner KPU Banggai.

BACA JUGA:  Alasan Ahmad Ali Dukung Sulianti Murad, Tinggalkan Amirudin

Kosongnya komisioner KPU Banggai juga diakui staf KPU Banggai. “Masa jabatan komisioner yang lama sudah berakhir 13 Juli, dan yang baru belum ada pengumuman,”kata Zul Larau, Jumat (14/7/2023).

BACA JUGA:  Operasi Patuh Tinombala Dimulai, Berlangsung Hingga 28 Juli 2024

Namun menurut dia, biasanya bila ada kekosongan, maka untuk sementara dipegang komisioner KPU Sulteng. Meski demikian kata Zul, belum ada SK atau surat dari KPU Sulteng tentang pejabat yang ditunjuk. DAR

Pos terkait