KPU Banggai Gelar Sosialisasi Penataan Daerah Alokasi Kursi DPRD

BANGGAI RAYA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai menggelar Sosialisasi Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai pada Pemilu 2024, di De’Lapan 92 Cafe, Luwuk, Senin malam (21/11/2022).

Kegiatan yang dibuka sekira pukul 19.30 Wita oleh Ketua Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Masyarakat Kabupaten Banggai, Makmur Mahesa mewakili Ketua KPU Kabupaten Banggai ini hadiri oleh Komisioner KPU Banggai lainnya.

Juga hadir anggota Bawaslu Banggai, KNPI Banggai, Karang Taruna Banggai, sejumlah kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi masyarakat, organisasi mahasiswa dan tamu undangan lainnya.

Sosialisasi penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Banggai pada Pemilu tahun 2024 ini, disampaikan oleh Ketua Devisi Tehnik Penyelenggara Pemilu, KPU Banggai, Alwin Palalo dan Ketua Devisi Hukum dan SDM, serta Ketua Devisi Perencanaan KPU Banggai, Adriani.

BACA JUGA:  Awal Masuk Sekolah, SMPN 3 Luwuk Gelar Halal Bihalal

Dalam sambutannya, Ketua Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Masyarakat Kabupaten Banggai, Makmur Manesa menyampaikan, permohonan maaf dari Ketua KPU Banggai yang seyogianya membuka kegiatan ini, namun karena satu dan lain hal, sehingga belum sempat hadir.

Ia mengatakan, kegiatan pada malam ini, merupakan sosialisasi penataan daerah pemiliihan dan alokasi anggota DPRD Banggai tahun 2024 adalah informasi bersama, sehingga menjadi berkembang menjadi pembicaraan-pembicaraan selanjutnya.

“Nanti ada narasumber kita, nanti mereka jelaskan bagaimana titik penataan Dapil, kemudian alokasi kursi, nanti pak Alwin jelaskan secara detail, dan kita dskusinya santai saja, sambil kita minum. Nanti berkembang pada saat penyampaian materi,” kata Makmur Manesa.

BACA JUGA:  Naas! Lakalantas di Masama Banggai, Dua Pemotor Alami Patah Tulang

Kemudian di akhir acara, Ia menutup dengan mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada semua undangan terhadap dukungan terhadap pembagian daerah pemilihan pada Pemilu 2024.

Kemudian, menyambut baik atas saran dari organisasi kemahasiswaan yang akan membantu KPU Banggai untuk menyosialisasikan pembagian Dapil ini ke kecamatan-kecamatan.

Selanjutnya, Makmur menyimpulkan, bahwa penyampaian penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi bagi anggota DPRD Banggai pada Pemilu 2024 akan disampaikan melalui media sosial dan selembaran kepada masyarakat mulai tanggal 23-29 November 2022.

“Pada Desember 2022 akan membuka tanggapan dan saran dari masyarakat. Masalah Dapil identik dengan Pemilu, yang pertama kita akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPR Provinsi, DPRD kabupaten dan pimpinan daerah. Bahwa pembagian dapil sesuai dengan tujuh prinsip dalam pembagian wilayah, ” tambahnya.

BACA JUGA:  Harga Gas Elpiji Tembus Rp60 ribu, Akademisi : Pemda Harus Tegas Pada Pangkalan

Untuk diketahui, bahwa seluruh peserta sosialisasi pada malam ini, diantaranya Ketua Forum Kepada Desa se Kabupaten Banggai, mewakili KNPI, Karang Taruna, IMM, HMI, GMII, GMKI dan organisasi masyarakat lainnya sangat mendukung terhadap pembagian daerah pemilihan yang dilakukan oleh KPU Banggai.

Dukungan tersebut akan mereka buatkan berupa dokumen administrasi yang akan ditanda tangani oleh masing-masing pimpinan.

Dukungan terhadap keinginan KPU Banggai itu, dinilai oleh peserta sosialisasi memiliki alasan konkrit, untuk pemerataan atas keterwakilan wilayah di DPRD Banggai dan demi kesejahteraan seluruh masyarakat.

Kegiatan sosialisasi tersebut berakhir sekira pukul 22.30 Wita. RUM

Pos terkait