Koperasi di Banggai Harus Ikuti Sistem Digitalisasi

BANGGAI RAYA-Koperasi yang ada di Kabupaten Banggai diminta terus mengikuti perkembangan modern, termasuk sistem digitalisasi.

Hal itu dikatakan Wabup Banggai Furqanudin Masulili saat membuka pelatihan digitalisasi koperasi modern bagi pengurus, pengawas dan pengelola koperasi, Rabu (31/1/2024) di salah satu hotel di Luwuk.

Kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Dan UKM Kabupaten Banggai, diikuti sejumlah koperasi di Kabupaten Banggai yang masih aktif.

Wakil Bupati Banggai Furqanuddin dalam sambutannya menyampaikan perkembangan teknologi informasi saat ini, membawa dampak yang sangat luar biasa ke berbagai sektor kehidupan, baik itu di sektor ekonomi, sosial, budaya, pemerintahan, politik dan lainnya, termasuk tumbuh kembangnya koperasi.

BACA JUGA:  HUT ke-77 Koperasi di Banggai, UMKM Terima Sertifikat Hak Atas Tanah Gratis

Karenanya, era teknologi informasi ini harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh koperasi, karena jika koperasi tidak bisa mengambil peluang ini, dan tetap bertahan dengan koperasi konvensional, tentunya ke depan akan tertinggal jauh, dengan koperasi yang memanfaatkan digitalisasi.
Artinya, modernisasi koperasi itu salah satunya ditandai dengan penggunaan platform digital serta terjadinya perubahan dari era kompetisi menuju era kolaborasi. Karena melalui kolaborasi yang memanfaatkan digitalisasi, koperasi yang selama ini hanya bergerak di wilayah lokal saja, kedepannya akan bisa maju dan mengembangkan wilayah pergerakannya ke tingkat nasional bahkan internasional.

BACA JUGA:  Dwi Sucipto Sampaikan Progress 4 PSN Migas, Investasi Capai Rp487 Triliun

Kepada pengurus koperasi, ia menekankan agar terus mengembangkan diri dengan tata kelola, modernisasi serta digitalisasi, agar mampu meningkatkan kinerjanya sehingga menjadi koperasi yang modern dan mendunia.

BACA JUGA:  Peringati 10 Muharam, Kemenag Bersama Baznas Banggai Gelar Lebaran Yatim

“Selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai kami sangat mendukung secara penuh kegiatan yang sangat positif seperti ini, sekaligus sangat mengharapkan agar kepada seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Dan kami harapkan agar seluruh anggota koperasi dan para pelaku usaha UMKM dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang ada, dengan memanfaatkan platform sosial media yang telah tersedia,” tutup Wabup Furqanuddin. **

Pos terkait