Komitmen Dukung Program JKN, Pemda Banggai Laut Raih UHC

  • Whatsapp
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Luwuk, Ario Pambudi Trisnowibowo menyerahkan pengharhaan kepada Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa atas kepeduliannya yang telah mendaftar hampir seluruh warganya ke program JKN hingga meraih predikat UHC

BANGGAI RAYA- Komitmen dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai Laut (Balut) berhasil meraih predikat Universal Health Coverage (UHC).

Hal itu ditandai dengan launching UHC yang dirangkaikan dalam Upacara Ulang Tahun ke 10 Kabupaten Banggai Laut pada Rabu 14 Desember 2022, berlokasi di Taman Kota Banggai Laut.

Bacaan Lainnya

Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa mengatakan, predikat UHC yang diraih Pemda Balut merupakan hasil Kerjasama dari seluruh pihak dan menjadi  bukti bahwa Pemda sangat memperhatikan kesehatan masyarakatnya dengan menjamin seluruh masyarakat masuk ke dalam prgram JKN.

Tak luput, orang nomor satu di Banggai Laut itu mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Luwuk, atas kerja samanya yang baik sehingga hal ini dapat terwujud.

“Yang pertama saya selaku Bupati Banggai Laut, mengucapkan banyak terima kasih kepada BPJS Kesehatan. Sebelum kita hampir nol persen, dengan kerjasama Pemerintah Daerah dan BPJS Kesehatan Alhamdulilan masyarakat Banggai Laut sudah hampir semua terdaftar program JKN. Sudah tujuh puluh satu ribu dari tujuh puluh empat ribu warga yang ada, “ ucap Bupati Sofyan Kaepa.

Bupati Balut berharap, agar masyarakat dapat memanfaatkan program JKN secara maksimal, sehingga tidak ada alasan bagi masyakarat untuk takut berobat ke fasilitas kesehatan yang ada.

“Harapan saya sebagai Bupati Banggai Laut agar masyarakat dapat memanfaatkan secara maksimal  dan sebaik baiknya. Untuk yang belum terdaftar, karena kita telah UHC silakan melaporkan, nanti akan di-update langsung oleh BPJS Kesehatan. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik ini, untuk masyarakat Banggai Laut. Kedepannya kita tetap akan menjalankan program JKN di Banggai Laut,” katanya.

 Selaras dengan yang disampaikan Bupati, Kepala Dinas Kesehatan Banggai Laut, Zulkifli Panggato juga menyampaikan, agar masyarakat yang telah terdaftar program JKN agar tidak perlu takut untuk berobat ke fasilitas kesehatan.

Menurutnya, sangat penting untuk meningkatkan kerjasama antara BPJS Kesehatan dan Pemda Banggai Laut, sehingga dapat bersama sama dalam melakukan kendali mutu dan kendali biaya untuk keberlangsungan program JKN di Banggai Laut.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Luwuk, Ario Pambudi Trisnowibowo, mengungkapkan, akan tetap menjaga komitmen untuk meningkatkan kerjasama dan engagement bersama pemangku kepentingan yang dalam hal ini adalah Pemda Banggai Laut.

“Apresiasi setinggi – tingginya kami sampaikan kepada Pemerintah Daerah Banggai Laut atas capaian Universal Health Coverage yang telah dicapai. Kami akan terus berupaya meningkatkan kerjasama dalam hal menjaga mutu layanan dan kendali biaya sehingga program jkn dapat terus berjalan khususnya di wilayah Banggai Laut,” tandasnya. (*)

Pos terkait