Kodim Banggai Laut Akan Segera Dibangun

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Komando Distrik Militer (Kodim) baru di Kabupaten Banggai Laut (Balut) akan segera dibangun. Pembangunan ini berdasarkan Renstra pengembangan organisasi TNI AD tahun 2021 (11-12/3/2020).

Dalam Renstra TNI AD, direncanakan pemekaran Kodim 1308/LB menjadi dua Kodim, sehingga wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut akan memiliki Kodim tersendiri dengan markas Kodim berkedudukan di Banggai.

Bacaan Lainnya

Dandim 1308 Luwuk Banggai, Letkol Inf Fanny Pantouw, S.Sos, M.Tr.Han, M.I.Pol, Kamis (12/3/2020) mengatakan, pengembangan organisasi ini meliputi pembangunan Kodim baru dan penambahan Koramil untuk Kodim 1308/LB di Kecamatan Toili. Hal ini untuk lebih memaksimalkan Pembinaan Teritorial TNI AD di wilayah Banggai, Banggai kepulauan dan Banggai Laut.

Kodim ini  kata dia, merupakan pemekaran dari Kodim 1308 Luwuk Banggai yang meliputi wilayah Balut dan Bangkep, dan penambahan Koramil baru di Kecamatan Toili. Oleh karena itu pembangunan akan segera dilaksanakan sesegera mungkin.

Dandim Letkol Inf Fanny Pantouw menjelaskan, dalam pembangunan ini lahan yang akan digunakan sekitar 3 hektare lebih yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan perumahan dan perangkat lainnya. Dan  Kodim baru ini nanti akan membawahi 6 Koramil, yang empat diantaranya berada di Kabupaten Banggai Kepulauan dan yang dua di Balut.

“Enam koramil ini akan kita jadikan koramil dari kodim baru dibentuk. Dengan lahan seluas itu, personil yang akan bertugas sekitar 50 orang. Termasuk para anggota TNI Angkatan Darat yang tersebar di enam Koramil. Jadi Makodim itu hanya Dandim, Kasdim, dan pendukungnya itu sekitar 50 orang,” jelasnya.

Dandim juga memperjelas, intinya untuk memeperluas lagi pembangunan Kodim baru masih akan dilihat bagaimana perkembangan terlebih dahulu. Dengan kata lain, ia akan memfokuskan bangunan yang akan dibangun nanti.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Banggai Laut juga menyambut positif rencana pembangunan Komando Distrik Militer. Bahkan, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Laut, Idhamsyah Tompo menuturkan, pembangunan Komando Distrik Militer perlu dipercepat. “Strategis keamanan kita perlu mendapat perhatian teritorial,” tuturnya.

Sebagaimana yang disampaikan Bupati Banggai Laut, Wenny Bukamo melalui pesannya bahwa bila terdapat hal yang memang perlu dikoordinasikan, pihak TNI bisa menyurat kepada pemerintah daerah. JAD/*