KN MIPA, Mahasiswa Matematika Untika Luwuk Melaju ke Tingkat Nasional

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Prestasi membanggakan ditorehkan oleh Siti Ija T Yodana, Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, FKIP Untika Luwuk. Ia lolos seleksi dan berhak melaju ke tingkat nasional dalam ajang Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA).

Kepastian melaju ke level nasional itu berdasarkan surat pengumuman bernomor 128/J3/TU/2020 yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Prestasi Nasional tertanggal 19 Agustus 2020. Dan Siti Ija T Yodana akan mewakili perguruan tinggi di bawah naungan LLDIKti Wilayah IX Sulawesi.

Ketua Prodi Pendidikan Matematika FKIP Untika Luwuk, Saipul Bachri S Lajiba,M.Pd, kepada Banggai Raya, Jumat (21/8/2020) pekan kemarin mengatakan, dalam seleksi ini, sebelumnya perguruan tinggi yang memiliki Prodi Matematika, Biologi, dan FISIKA mengutus masing-masing tiga peserta setiap bidang. Untuk Untika Luwuk sendiri, hanya mengikuti bidang Matematika.

Dalam seleksi wilayah LLDIKti IX meliputi Sulsel, Sulteng, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo dan Sulawesi Utara dicari tiga peserta terbaik untuk mewakili LLDIKTI melaju ke tingkat nasional. “Alhamdulillah, yang lolos dalam seleksi untuk Matematika, dua mahasiswa dari Universitas Hasanuddin dan satu dari kampus kami (Untika Luwuk, Red) yaitu atas nama Siti Ija T Yodana,” ujar Saipul Bachri S Lajiba,M.Pd.

Saipul menjelaskan, perguruan tinggi yang ikut dalam seleksi KN MIPA bidang Matematika tersebut sebanyak 18 perguruan tinggi dengan jumlah peserta 53 mahasiswa. “Dan dari LLDIKti 1-14 secara keseluruhan yang lulus 44 perguruan tinggi dengan jumlah peserta 50 orang yang berhak mengikuti seleksi ke tingkat nasional. Nantinya akan dicari lagi 18 terbaik untuk melaju ke level internasional,” jelasnya.

KUALITAS UNTIKA TAK PERLU DIRAGUKAN

Dengan lulusnya ke level nasional kata Kaprodi Saipul, bukti bahwa kualitas Prodi Pendidikan Matematika di kampus biru tersebut tak perlu diragukan lagi. Karena terbukti bahwa mahasiswa di FKIP Untika Luwuk mampu bersaing dengan perguruan tinggi yang ada di wilayah Sulawesi.

“Insya Allah pada seleksi tingkat nasional nanti, bisa mendapatkan hasil yang terbaik pula. Karena itu kami memohon dukungan dan doanya dari semua pihak karena mahasiswa kita telah membawa nama baik almamater Untika Luwuk khususnya dan Kabupaten Banggai pada umumnya di kancah kompetisi nasional,” harapnya.

Ia juga berharap, Siti Ija T Yodana bisa mempersiapkan diri lagi dengan berlatih mengerjakan soal-soal olimpiade dalam waktu dua minggu ke depan. Bahkan, Prodi Matematikan pun telah menugaskan beberapa dosennya untuk ikut membimbing secara intensif. “Untuk seleksi tingkat nasional, akan dilaksanakan pada  tanggal 7 sampai dengan 10 September 2020. Semoga bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan membanggakan, Amiin,” harapnya. JAD

Pos terkait