KKN Mahasiswa Unismuh Luwuk di Lopito Bangkep Inovasi Olah Air Kelapa Jadi Kecap Manis

KKN Mahasiswa Unismuh Luwuk di Lopito Bangkep ini melakukan inovasi mengolah air kelapa menjadi kecap manis. FOTO: IST

BANGGAI RAYA- Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mobilisasi Berkemajuan (MB) yang dilakukan mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk di Desa Lopito, Kecamatan Totikum, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) melakukan inovasi mengolah air kelapa mejadi kecap manis.

Inovasi yang merupakan slaah satu program kerja dari mahasiswa Fakultas Pertanian Unismuh Luwuk, Andi Ece itu pun dipraktikan kepada warga dengan memberikan pelatihan, Selasa (01/8/2023).

Kordinator Desa Mahasiswa KKN Unismuh Luwuk, Andika Kasimun menjelaskan inovasi ini dilakukan meningat melimpahnya buah kelapa di Desa Lopito namun pemanfaatan air kelapa yang masih kurang dikelolah masyarakat desa.

BACA JUGA:  Suami di Luwuk Selatan Tega Aniaya Istri Pakai Obeng Hingga Tak Sadarkan Diri 

“Desa lopito yang kaya akan hasil bumi salah satunya buah kelapa yang berlimpah, dan masih banyak yang belum mengolah air kelapa, kebanyakan petani di sini hanya mengambil sabut kelapa, daging kelapa, dan tempurungnya saja,” ucap Andika kepada Banggai Raya, Selasa malam 2 Agustus 2023, via pesan WhatsApp.

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

Air kelapa kata Andika, selama ini hanya dimanfaatkan untuk es kelapa. Bahkan kerena banyaknya air kelapa, banuak yang terbuang.  Hal inilah yang menjadi perhatian lebih dari pihak mahasiswa untuk mengolalahnya menjadi kecap manis.

Atas inovasi ini, Kepala Desa Lopito, Bakri Asurat sangat mengapersiasi program kerja yang dilakukan mahasiswa pasalnya dapat memanfatkan air kelapa untuk menjadikan kecap manis.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

“Ini sanggat bermanfaat dan bisa meningkatkan SDM masyarakat dalam pengolahan air kelapa, untuk bisa menjadi kecap manis, dan ini bisa dipasarkan. Sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakyat yang memiliki buah kelapa, ini merupakan terobosan yang luar biasa,” sanjung Kades Lopito.

Kegiatan ini diikuti oleh Ibu PKK, kepala Dusun, serta ibu-ibu, pemuda Desa Lopito, yang antusias dalam mengikuti pengolahan air kelapa menjadi kecap manis ini. (*)

Pos terkait