Khotib Ingatkan Jangan Hanya Berbagi di Hari Idul Adha, Fakir Miskin Laparnya Bukan Hanya Hari Ini

BANGGAI RAYA- Kamis 29 Juni 2023 kemarin, umat muslim di BTN Bukit Mambual Regency berbondong-bondong ke Masjid Al Fattah untuk mengikuti Sholat Idul Adha 1444 Hijriah.

Adapun yang bertugas dalam Sholat Idul Adha kali ini, Imam H. Abidin Mahmud dan Khotib Al Ustadz Bisman Adiek, serta pengantar sholat Ustadz Fandy Rahmat Faisal.

Sholat Idul Adha itu dimulai sekitar Pukul 07.00 Wita, dan selesai atau berakhir pada Pukul 7.45 Wita. Ratusan warga begitu antusias mengikuti sholat dan mendengarkan khutbah.

Dalam khutbah yang dibawakan Ustadz Bisman Adiek S.Pd., ini mengangkat tema Hikayat Nabi Ibrahim di Balik Hari Raya Kurban 1444 Hijriah.

BACA JUGA:  Diguyur Hujan Sehari Penuh, Pusat Kota Luwuk Banjir Sampah dan Lumpur

Ustadz yang merupakan guru di Ponpes Daarul Hikmah Luwuk itu mengatakan, di Hari Raya Idul Adha ini umat muslim akan menyembelih hewan qurban. Dagingnya dibagikan kepada  faqir dan miskin.

“Kita mungkin sudah setiap hari memakan daging, bahkan   mungkin ada diantara saudara kita yang mati karena makan daging. Oleh sebab itu, maka hari ini kita bagikan itu semua kepada faqir miskin, tapi andaikan ada diantara kita yang mengambil satu atau dua kupon, sebungkus dua bungkus, itu masih dibenarkan,” katanya.

Seperti dalam riwayat kata Ustadz alumni Untika Luwuk itu, Nabi pernah membagi 1/3, sepertiga untuk faqir miskin, sepertiga untuk sahabat, kerabat, tetangga handai taulan, dan sepertiga untuk ahli bait keluarga di rumah.

BACA JUGA:  Kelulusan Siswa Kelas 12 Dari 24 SMK di Banggai Capai 99,35 Persen, 9 Tidak Lulus 

“Apa maknanya, andai kita mendapat sebagaian, kita cukupkan itu,   tapi andai kita berikan kepada yang lebih membutuhkan, yang lebih ingin memakannya, ada orang yang selama setahun ini lidahnya tidak menyentuh makanan yang enak.

Artinya apa, ibadah qurban mengajarkan kepada kita berbagi kepada orang lain. kamu belum beriman, sampai kau mencintai saudaramu, sama seperti mencintai pada diri sendiri,” kata Ustadz Bisman.

Ia berpesan kepada jamaah, agar jangan hanya berbagi daging pada Hari Raya Idul Adha saja, karena fakir miskin laparnya bukan hanya hari ini. “Mereka makan daging bukan hari ini saja. Ini hanya starting point langkah pertama, hari ini kita mulai perbuatan baik,” jelasnya.

BACA JUGA:  Swadaya, Warga Jaya Makmur Bangun Jalan Kantong Produksi untuk Mudahkan Angkut Hasil Pertanian 

Dijelaskan dalam sabda Rasulullah yang telah menegaskan dalam dari Siti Aisyah yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah:  “Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya,” tandasnya. (*)

Pos terkait