Keren! Mahasiswa PBI FKIP Unismuh Luwuk Bakal Pentas Drama The Boor

BANGGAI RAYA-Keren, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk akan menampilkan teater bertajuk Drama The Boor.

Pentas Teater yang merupakan tugas kuliah mata kuliah drama bagi mahasiswa semester lima PBI ini akan tampil pada Kamis 18 Januari 2024. Penampilan akan berlangsung di pelataran kampus hijau.

Wakil Dekan III FKIP Unismuh Luwuk, Abdul Rabbi Arassul, S.Pd.,M.Pd., dalam pementasan ini persiapannya cukup panjang yakni selama satu semester perkuliahan.

Sementara itu, Dosen Pengarah dalam mata kuliah ini, Dr. Hardianti, S. Pd., M. Pd mengatakan, pementasan drama ini proyek final anak-anak semester lima Prodi PBI di mata kuliah Drama.

BACA JUGA:  Wisatawan Asal Jakarta Tujuan Danau Ubur-Ubur Bokan Kepulauan Karam di Perairan Matanga

“Penanggung jawabnya kami bertiga yaiti Pak Abdul Rabbi Arrasul, S.Pd., M.Pd, Dr. Hardianti,S.Pd.,M.Pd, dan Sitti Hardianti, S.S., M.A.,” ungkap Hardianti.

Drama the Boor ini kata Anti, sapaan akrabnya, naskah aslinya merupakan karya Anton Checkchov brlatar tahun 1980 an. 

“Yang terlibat adalah seluruh mahasiswa PBI semester 5 yang mengambil Mata Kuliah Drama. Kemudian prosesnya itu sudah dimulai sejak awal semester, mulai dari perkenalan mata kuliah, pendalaman tentang naskah drama dan karakter-karakternya, pembentukan tim produksi, proses casting/pemilihan pemeran, sampai latihan pendalaman karakter. Jadi tim produksi terdiri dari mahasiswa semester 5 PBI,” bebernya.

BACA JUGA:  Suami di Luwuk Selatan Tega Aniaya Istri Pakai Obeng Hingga Tak Sadarkan Diri 

Adapun terkait naskah dramanya sebur dia, sudah melewati beberapa perubahan dari naskah aslinya, jadi mahasiswa tidak langsung mengadopsi, melainkan mengadaptasi dari naskah aslinya.

“Kami tentunya juga melibatkan dukungan dari beberapa pihak seperti dukungan dari Fakultas, Pak Dekan, Pak WD1, Ibu WD2, dan Pak WD3, dan Dosen2 dan staf lingkup FKIP, khususnya dalam hal persiapan stage dan juga promosi,” jelasnya.

Menurutnya, drama ini sudah banyak dimainkan di berbagai negara saking terkenalnya. Cuma bedanya dengan dramanya yang akan ditampilkan, alurny diubah sandiri, dan penambahan tokoh-tokoh baru. 

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

“Ini hasil dari anak-anak, mereka yang edit sendiri naskah dan lainnya. Kami hanya membimbing saja,” katanya.

Ia berharap, ke depannya semoga lewat Mata Kuliah drama mahasiswa bisa semakin terlatih keterampilan soft skill mereka dalam bekerja sama.

Kemudian, mahasiswa semakin percaya diri dalam mempraktikkan Bahasa Inggris yang menjadi jurusan mereka, dan skaligus bisa memberikan wadah bagi adik-adik untuk menyalurkan bakat terpendam.

“Semoga tahun depan PBI FKIP UMLB bisa kembali menampilkan drama lewat mata kuliah ini,” harapnya. (*)

Pos terkait