Kerap Terjadi Pemadaman, Aleg Sri Rosdiana Sambangi PLN Luwuk

  • Whatsapp
ANGGOTA DPRD Banggai, Sri Rosdiana Thia melakukan kunjungan ke Kantor PT. PLN Luwuk. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Kerap terjadi pemadaman aliran listrik di wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) 3, Anggota DPRD Banggai, Sri Rosdiana Thia melakukan kunjungan ke Kantor PLN UP3 Luwuk yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo, Luwuk, beberapa hari lalu.

Kunjungan Aleg asal PDI-Perjuangan Kabupaten Banggai ini, diterima langsung oleh Manajer PT. PLN UP3 Luwuk, Agus Tasya, dan Manajer Bagian Jaringan, Nasrulah Tawa’a serta Staf Bagian Jaringan, Firman Abdullah.

Bacaan Lainnya

Kunjungan Sri Rosdiaan Thia ini untuk menanyakan apa kendala PT. PLN Luwuk saat ini sehingga wilayah Dapil 3 sering mati lampu.

“Saya sebagai wakil rakyat yang lahir dari Dapil 3, sengaja datangi kantor PLN Unit Luwuk, untuk menanyakan apa kendala PLN sekarang ini, sehingga sering-sering mati lampu,” kata Sri Rosdiana Thia kepada Banggai Raya, Selasa (21/12/2021).

Hasil pertemuan dengan managemen PT. PLN UP3 Luwuk, dan Ia mendapatkan jawaban secara rinci.

PLN UP3 Luwuk kata dia, saat ini tengah di hadapkan dengan kerusakan Water Way, dan PLTM Lambangan yang disebabkan oleh tanah longsor, sehingga mengakibatkan PLTM tidak bisa beroperasi, dan kehilangan daya sebesar 3 Megawatt, sehingga ada pemadaman bergilir.

Faktor eksternal atau yang dari di luar kata dia, yaitu adanya cuaca ekstrem, sehingga kadang ada pohon mangga atau pohon kepala, dan lain sebagainya tumbang, dan mengakibatkan putus jaringan listrik . Right On Way (ROW) yakni jarak benda dengan tiang atau kabel PLN harusnya 2,5 meter, dan ini yang kadang tidak terpenuhi.

“Ketika ranting bahkan batang pohon tumbang, mengakibatkan listrik padam. Sebelum terjadi hal itu, harusnya masyarakat mau bekerjasama dengan PLN, yaitu tidak membiarkan pohon yang sudah bisa mengganggu, dan tumbuh disekitar jaringan listrik. Perlu diketahui oleh masyarakat, ketika pohon sudah bersentuhan dengan aliran listrik atau kabel listrik, dan pohon tersebut kena hujan, apabila ada kabel yang menyentuh pohon tersebut, bisa menyebabkan korsleting listrik, bahkan bisa buat orang meninggal dunia,” tekannya.

Tapi saat ini, PT. PLN UP3 Luwuk sudah memasang proteksi, di Desa Hunduhon, Kecamatan Luwuk Timur dan Masama, serta di Desa Sobol. Sehingga jika ada masalah di daerah lain yang sudah terproteksi, tidak akan lagi padam aliran listrik. Itu baru dipasang oleh pihak PLN Luwuk.

Pemasangan proteksi bertujuan agar memudahkan PLN mengindentifikasi dimana area yang terkena masalah padam listrik, dan apa penyebabnya.

“Karena faktor eksternal ini juga kadang tidak bisa diprediksi. Para Manager di PLN UP3 Luwuk berpesan agar masyarakat bisa bekerjasama dengan PLN, karena kadang PLN sudah harus memotong pohon yang mengganggu jaringan listrik, justru masyarakat kadang tidak mau. Intinya, kalau induk padam, maka semuanya akan padam,” tambahnya. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas
Editor: Jajad Sudrajad

Pos terkait