Kenalkan Museum Pada Anak Muda, Herwin Yatim Ingin Warisan Budaya Banggai Terjaga

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Bupati Herwin Yatim dikenal sebagai pemimpin yang sangat menjaga kelestarian warisan budaya serta kearifan lokal Kabupaten Banggai. Salah satu upayanya ialah memperkenalkan museum kepada masyarakat terutama generasi kaum muda.

Menurut orang nomor satu di Banggai tersebut, museum dapat dijadikan sarana edukasi agar warisan budaya serta kearifan lokal Banggai tetap lestari dan dikenal dari masa ke masa.

“Olehnya itu, museum dapat menjadi media yang universal untuk pelestarian warisan budaya, wahana pembelajaran dan wisata yang edukatif,” tutur Bupati Herwin saat menghadiri acara Belajar Bersama di Museum daerah Kabupaten Banggai, Jum’at (24/07/2020)

Dan tentu saja, hal ini perlu didorong agar menjadi dinamis serta dapat melayani masyarakat dengan memadai.

Menurut Bupati Herwin, Kabupaten Banggai memiliki keragaman aset budaya dan tradisi yang sangat menarik serta bervariasi yang mesti dijaga. Sehingga budaya itu akan menjadi identitas lokal yang akan dikenal masyarakat luas.

“Pada kesempatan ini juga, saya mengajak kepada kita semua, selaku masyarakat Kabupaten Banggai untuk tetap menjaga dan melestarikan serta mempertahankan budaya adat istiadat. Sebagai jati diri dalam bingkai masyarakat Banggai,” kata Bupati Herwin.

Menanggapi hal tersebut, Nurul sebagai salah satu Putri Green Tourism tahun 2017 menyampaikan apresiasi terhadap upaya Bupati Banggai dalam melestarikan budaya Banggai.

“Buktinya sebagai pemimpin daerah, beliau (Bupati Herwin) sering terlibat langsung dalam program pelestarian budaya, seperti halnya ikut menyukseskan program belajar bersama di museum daerah,” ungkap Nurul.

Selain itu, Nurul juga ikut mengajak masyarakat khususnya para pemuda di Kabupaten Banggai untuk sama-sama menyukseskan program belajar bersama di museum daerah dan menjaga kelestarian cagar budaya. JAD/*

Pos terkait