Kenalkan Demokrasi Siswa, SMKN 1 Luwuk Gelar Pemilihan Ketua Osis

KEPALA SMK Negeri 1 Luwuk, Evriaty Mahiwa sedang memberikan suara pada pemilihan Ketua Osis SMKN 1 Luwuk. FOTO ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Mengajarkan sistem pesta demokrasi kepada para pelajar, SMK Negeri 1 Luwuk melaksanakan Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) bagi siswa kelas X, kelas XI dan kelas XII. Pilketos digelar di halaman sekolah tersebut, sekira pukul 09.00 Wita, Sabtu (18/11/2023) pekan kemarin.

Sebanyak 6 pasangan calon (Paslon) yang mendaftarkan diri untuk ikut dalam pemilihan Ketua Osis SMKN 1 Luwuk. Melalui verifikasi kandidat oleh Dewan Pembina Osis, maka hanya dua pasang calon yang berhasil menjadi kandidat Ketua dan Wakil Ketua Osis SMKN 1 Luwuk.

Pilketos SMKN 1 Luwuk ini, turut dihadiri Komisioner KPU Banggai, dan Kepala Bidang Pendidikan SMK Provinsi Sulawesi Tengah.

Fasilitas Pilketos, seperti kotak suara dan bilik suara, Panitia Pilketos SMKN 1 Luwuk menggunakan milik KPU Banggai.
Sebelum dilaksanakan pemilihan, pihak KPU Kabupaten Banggai memberikan sosialisai tentang Pemilu. Hal ini sangat mendapat respon dari peserta didik.

BACA JUGA:  “Kisruh” Muhammadiyah Vs BSI, Pelajaran Apa Yang Bisa Dipetik?

Pelaksanaan pemilihan Ketua Osis SMKN 1 Luwuk tahun 2023 ini, diawali dengan Bedmach Futsal antara SMKN 1 Luwuk versus SMKN 3 Nambo, dan dibuka dengan tendangan pertama oleh Kabid Pendidikan SMK Sulteng.

Disela-sela kegiatan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis SMKN 1 Luwuk, diisi dengan pentas seni yang dipersembahkan oleh siswa SMKN 1 Luwuk.

“Kami telah melaksanakan Pilketos pada Sabtu, tanggal 18 November 2023. Dari 6 pasangan calon, hanya dua Paslon yang lolos dari Verifikasi kandidat oleh Dewan Pembina Osis. Kami juga menggunakan fasilitas kotak suara dan bilik suara dari KPU. Pilketos kali ini diawali dengan Bedmach Futsal antara SMKN 1 Luwuk VS SMKN 3 Nambo, pertandingan ini diawali dengan tendangan pertama oleh Kabid Pendidikan SMK Provinsi Sulteng. Dalam sela-sela kegiatan Pilketos yang dimulai jam 9.00 diisi dengan pentas seni oleh siswa SMKN 1 Luwuk. Semoga kegiatan ini menjadi satu pelajaran untuk peserta didik dalam melaksanakan pesta Demokrasi secara langsung, tanpa intimidasi dari siapapun,” jelas Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Negeri 1 Luwuk, Romin Hairun kepada Banggai Raya, Selasa (21/11/2023).

BACA JUGA:  Kasus Dugaan Korupsi Talud Gorontalo, Kejari Banggai Masih Hitung Kerugian Negara

Lebih lanjut, Ia mengatakan, pemilihan Ketua Osis merupakan pesta demokrasi siswa yang dilaksanakan setiap tahun sekali, diawali dengan pendataan data pemilih tetap, yang terdiri dari semua peserta didik yang terdaftar, yakni siswa kelas X, kelas XI dan kelas XII.

Pengajuan calon ketua Osis sambung dia, dari ketua-ketua program keahlian, kemudian diverifikasi oleh Dewan Pembina Osis. Kegiatan Pilketos merupakan rangkaian pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dengan Tema Suara Demokrasi, Topik Melangkah Pasti Menuju Prestasi.

BACA JUGA:  Kapolres Banggai Jalin Silaturahmi Bersama Jurnalis

“Pelaksanaan pesta Demokrasi siswa memberikan pemahaman awal bagaimana berdemokrasi itu, bagaimana memilih calon pemimpin sesuai pilihan hati nurani, tidak ada paksaan, tidak ada serangan fajar. Pemilihan secara langsung, dihitung secara langsung juga,” ujar Romin.

Ia menjelaskan, panitia Pilketos melaksanakan debat kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua Osis SMKN 1 Luwuk, yang disaksikan langsung oleh para pemilih. Hal ini memberikan warna tersendiri, bahwa calon pemimpin harus mempunyai kemampuan diatas rata-rata, terutama masalah tanggung jawab, disiplin, karakter yang baik, serta mampu memberikan dedikasi dan prestasi untuk sekolah.

“Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis SMKN 1 Luwuk tahun 2023 ini, berjalan dengan lancar, aman dan terkendali. Serta semua warga SMKN 1 Luwuk memberikan hak suaranya,” pungkas Romin Hairun. RUM