Kemenag Harus Berbenah dan Berinovasi

  • Whatsapp
PERINGATAN Hari Amal Bhakti ke-76 Kementerian Agama oleh Pemerintah Kabupaten Banggai dan Kementerian Agama Kabupaten Banggai. FOTO: BAGIAN PROKOPIM SETDA BANGGAI

BANGGAI RAYA- Kementerian Agama Republik Indonesia merayakan hari ulang tahun atau yang biasa disebut Hari Amal Bhakti (HAB). Berdiri pada 3 Januari 1947, Kementerian Agama tahun ini memperingati HAB ke-76 dengan tema Tranformasi Layanan Umat.

Peringatan HAB ke 76 juga dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Banggai bersama Pemda Banggai. Perayaan tersebut dilakukan dengan menggelar upacara bertampat di Alun-Alun Bumi Mutiara Luwuk. Bertindak selaku inpektur upacara, Bupati Banggai Amirudin Tamoreka.

Bacaan Lainnya

Saat membacakan sambutan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Bupati Banggai Amirudin mengatakan Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

“Pada setiap Hari Amal Bhakti, tanggal 3 Januari dicanangkan sebagai kick off pelaksanaan program kegiatan tahun pelajaran. Kementerian agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi dan NKRI untuk tetap dalam jalurnya,” katanya.

Di usia yang ke-76, Kementerian Agama harus terus berbenah. Perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik. “Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian sebagai ASN Kementerian Agama,” ungkapnya.

“Saya percaya apabila berpegang teguh pada itu semua, PNS Kementerian Agama akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Apa yang kemudian menjadi tagline peringatan Hari Amal Bhakti ke-76 Kementerian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Perayaan Hari Amal Bhkati ke-76 Kementerian Agama dirangkaikan dengan penyerahan tanah wakaf dari Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banggai kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai. (*)

Penulis: Zainuddin Lasita
Editor: Sutopo Enteding

Pos terkait