Kemenag Buka Bantuan Masjid Secara Online

  • Whatsapp
Drs. H. Suardi Kandjai

BANGGAI RAYA- Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia telah membuka program bantuan pembangunan dan rehab masjid dan mushalla tahun anggaran 2022 dengan berbasis Simas atau Online.

Besaran bantuan untuk masjid sebesar Rp50 juta dan mushalla Rp35 juta. Program ini akan berlangsung sampai tanggal 27 Mei 2022.

Bacaan Lainnya

Subdit Kemasjidan, Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kemenag RI memiliki tiga program kegiatan, yaitu pertama moderasi beragama, kedua transformasi digital dan ketiga revitalisasi KUA.

“Kemenag RI membuka program bantuan pembangunan masjid dan mushalla tahun 2022. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Simas,” kata Kepala Seksi Haji dan Umrah, Kemenag Banggai, Suardi Kandjai kepada Banggai Raya, Senin (23/5/2022).

Suardi menjelaskan, transformasi digital terdapat sistem infromasi masjid (Simas). Digital data masjid dan mushalla telah dilakukan sejak tahun 2013 melalui sistem informasi masjid dengan platform realtime online berbasis WEB, dilengkapi dengan nomor ID nasional masjid yang dapat mengidentifikasikan tipologi, lokasi dan nomor urut masjid dan mushalla, serta mampu menyimpan foto dan dokumen penting lainnya.

Manfaat bagi masjid dan mushalla terdaftar kata dia, memiliki nomor ID nasional masjid yang terintegrasi dengan sistem layanan pemerintah, yaitu rekomendasi permohonan bantuan, surat keterangan terdaftar (SKT) Simas untuk pembukaan rekening Bank Syariah atas nama masjid atau mushalla.

“Untuk pendaftaran permohonan bantuan Online Kemenag dimulai tahun 2022 ini. Masjid/mushalla harus memiliki media sosial digital yang dapat diakses masyarakat, seperti stiker QR CODE profil masjid, terinput pada aplikasi info masjid berbasi android dan aplikasi manajemen masjid. Ikut serta dalam program dan layanan kemasjidan secara nasional,” tambah mantan Kasi Pendis ini. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas

Pos terkait