Kembangkan Ternak Ayam, Disnakkeswan Banggai Bantu Mesin Penetas Telur

  • Whatsapp
Perwakilan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Banggai menyerahkan bantuan Mesin Tetas Telur kepada Kelompok Ternak di Kelurahan Hanga-hanga Permai, Kecamatan Luwuk Selatan. FOTO ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Banggai kembali menyerahkan bantuan kepada kelompok ternak di daerah ini.

Kali ini giliran Kelompok Ternak Difa Farm, Kelurahan Hanga-Hanga, Kecamatan Luwuk Selatan yang mendapat bantuan Mesin Tetas Telur sebanyak 2 unit, beberapa hari lalu.

Bacaan Lainnya

Mesin penetas telur dengan kapasitas setiap unit sebanyak 100 butir telur ayam itu, diserahkan langsung oleh PPK yakni Kepala Dinas Nakkeswan Banggai, Ir. Ferlyn Monggesang, M.Si kepada Ketua Kelompok Difa Farm, Kelurahan Hanga-Hanga.

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Peternakan, Disnakkeswan Banggai, Mahyudin Djaga mengatakan, tujuan dari bantuan ini adalah untuk mengembangkan perekonomian para pelaku usaha di sektor peternakan dengan sistem kelompok.

Menurutnya, bantuan itu diserahkan kepada kelompok sentra ternak di wilayah Kabupaten Banggai yang memiliki potensi hasil peternakan cukup tinggi.

“Melalui bantuan mesin tetas telur ini, agar produksi ternak terus berkembang. Tentunya akan kelihatan perkembangannya, dan dapat dibandingkan jumlah ternak yang dihasilkan. Pastinya terus mengalami peningkatan setelah menggunakan alat tersebut,” kata Mahyudin Jaga kepada Banggai Raya, Jumat (8/10/2021).

Lebih lanjut, usaha penetasan telur adalah merupakan kegiatan sejak lama. Namun, pola penetasan yang masih menggunakan cara alami dengan memanfaatkan ayam sebagai sarana penetasan.

“Semoga dengan menggunakan alat tersebut, bisa memiliki potensi untuk mendatangkan keuntungan. Kami akan terus memantau pada kelompok ternak yang telah mendapatkan bantuan dari Disnakkeswan Banggai,” cetusnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Banggai, Ir. Ferlyn Monggesang, M.Si menambahkan, tentunya pemerintah memberikan bantuan itu bermuara pada kesejahteraan rakyat. Dengan harapan, bantuan itu bisa membantu dan memperlancar semua usaha ternak bagi para penerima bantuan.

“Jadi benar-benar tepat sasaran, dan juga tepat asas manfaatnya. Tepat sasaran, dalam artian bahwa pemberian itu benar-benar kepada peternak yang membutuhkan. Dan mereka akan kembangkan dengan sebaik-baiknya, supaya berkesinambungan usahanya,” harapnya. 

Kemudian sambung Ferlyn, asas manfaat dengan bantuan itu, diharapkan dapat membantu usaha ternak kelompok penerima bantuan. Tentunya dengan bantuan tersebut bisa lebih meningkatkan perekonomian kelompok ternak.

“Pemerintah memberikan bantuan itu dengan harapan, supaya bantuan itu dikembangkan dengan baik, digunakan dengan baik oleh masyarakat peternak. Terutama penerima bantuan, juga pengelola usaha ternaknya bisa berkesinambungan dan berkelanjutan,” kata Ferlyn menambahkan. (*)

Penulis: Rum Lengkas

Pos terkait