Kejaksaan Kembangkan Program Bina dan Jaga Desa

  • Whatsapp

OPTIMALKAN SERAPAN DD 2020

BANGGAI RAYA- Kejaksaan Negeri (Kejari) Banggai dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD Banggai, mengembangkan program bina dan jaga desa guna optimalisasi serapan Dana Desa (DD) 2020 ke masyarakat. Mengingat serapan DD dinilai belum optimal akibat kekhawatiran alokasinya salah sasaran.
“Program bina dan jaga desa, guna memaksimalkan serapan DD di 291 desa di daerah ini,” ujar Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Banggai, Alexander Tanak kepada Banggai Raya, Minggu (8/3/2020).
Alexander mencontohkan, minimnya serapan DD selama beberapa tahun terakhir yang terdapat di sejumlah desa di daerah ini. Pemerintah desa (Pemdes) dan masyarakat takut dana yang dipakai salah sasaran.
Sehubungan itu, dengan upaya pengembangan program bina dan jaga desa yang akan dilaksanakan tahun ini, untuk memudahkan serapan DD. Langkah ini agar DD yang dikucurkan ke 291 desa yang tersebar di 23 kecamatan di daerah ini, bisa terserap dengan maksimal.Di samping itu, Alexander memastikan pengembangan program tersebut, dapat memudahkan pengawasan penyaluran dan penggunaan DD.
“Program yang kami kembangkan ini, diharapkan akan membantu fungsi kontrol. Dengan begitu akan menciptakan rasa aman dan kenyamanan (kepala desa/perangkat desa) sehingga tidak lagi terjadi kesalahan. Bahkan tidak terusik lagi dengan kemungkinan adanya gangguan dari pihak-pihak lain,” ujarnya.
Ia menjelaskan, program ini sudah diluncurkan pemerintah sejak tahun 2019 lalu. Namun sosialisasi penggunaanya belum disebar secara masal. MAN

Pos terkait