Kecewa, Puluhan Pertani Duduki dan Nginap di Gedung DPRD Banggai

  • Whatsapp
Para petani sawit Batui dan Batui Selatan menunjukkan keseriusannya menduduki hingga bermalam di Kantor DPRD Banggai, karena merasa kecewa terhadap tindaklanjut masalah yang mendera mereka. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Kecewa dan dibiarkan tanpa kejelasan, puluhan petani Batui yang tergabung dalam massa aksi memilih untuk menduduki dan menginap di Gedung DPRD Banggai, Senin (4/7/2022).

Sebelumnya petani yang tergabung dalam Front mendatangi Kantor Bupati Banggai, pagi tadi untuk menyampaikan tuntutan. Namun sayangnya orang nomor satu enggan menemui massa aksi karena tengah mengikuti kegiatan.

Bacaan Lainnya

“Malam ini teman-teman akan menginap di depan Kantor DPRD sampai dengan adanya keputusan dari pihak pemerintah daerah,” cetus salah satu massa aksi, Sugianto, yang kecewa.

Adapun tuntutan puluhan petani dalam aksinya antara lain menolak HGU PT. Sawindo Cemerlang. Kemudian meminta kembalikan dan cabut sawit di atas lahan petani. Meminta ganti rugi atas lahan petani yang telah digunakan selama 12 tahun.

Kemudian, petani meminta untuk menghentikan dan mencabut proses hukum petani sawit Batui dan Batui Selatan atas tuduhan perusahaan.

Puluhan petani mengutarakan kekecewaannya terhadap Tim bentukan Bupati Banggai, Amiruddin Tamoreka hal ini disebabkan tidak adanya penyelesaian. “Petani telah dijanjikan dan beberapa malah telah di tetapkan tersangka namun Tim Pokja tidak ada itikad baik untuk menyelesaikan,” katanya.

Mirisnya, meskipun membawa anak kecil, puluhan petani tetap ngotot untuk tetap menginap. Nantinya petani juga akan melakukan malam refleksi 12 tahun perampasan tanah yang dilakukan PT. Sawindo Cemerlang. “Dalam malam refleksi petani dan mahasiswa akan melakukan pentas musikalisasi dan puisi,” bebernya. PR

Pos terkait