Kaya Akan Fitur, Aplikasi Mobile JKN Jadi Solusi di Era Digital

Fitur layanan di aplikasi Mobile JKN mudahkan peserta dan solusi di era digital. FOTO: DOK. BPJS KESEHATAN

BANGGAI RAYA- Di era digitalisasi saat ini, pembaharuan teknologi berkembang sangat pesat. Hal ini tentunya menuntut berbagai instansi pelayanan publik untuk terus berinovasi dalam penyediaan layanan digital.

Untuk merespon hal tersbut, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN meluncurkan aplikasi Mobile JKN.

Sejak diluncurkan, aplikasi ini telah banyak memberikan kemudahan bagi peserta JKN dalam mengakses layanan administras seputar JKN. Kemudahan tersebut turut dirasakan oleh Ngakan Komang Giri Adnyana (21).

Ngakan, begitu sapaan akrabnya. Saat ini, Ia merupakan Mahasiswa semester akhir di salah satu universitas di Kabupaten Banggai, mengaku sangat mengapresiasi kehadiran Aplikasi Mobile JKN.

BACA JUGA:  DSLNG Terima Kunjungan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah

Sebagai kaum milineal yang kesehariannya tidak dapat terlepas dari smartphone, tentunya aplikasi ini menjadi salah satu andalan Ngakan untuk memenuhi kebutuhannya dalam mengakses layanan kepesertaan JKN.

“Smartphone sudah menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam keseharian saya. Banyak fitur Aplikasi Mobile JKN yang telah saya rasakan manfaatnya, salah satunya seperti menu ubah data peserta. Dengan fitur ini kita dapat mengubah data langsung dari smartphone tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor BPJS, “ ungkap ngakan.

BACA JUGA:  Roadshow Kelembagaan,  SKK Migas – JOB Tomori Santuni 200 Anak Yatim dan Sediakan Seribu Paket Sembako Murah

Ngakan yang terdaftar sebagai peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) ini menambahkan, adanya fitur lain dalam Aplikasi Mobile JKN seperti fitur cek status kepesertaan dan cek iuran juga dinilai sangat memudahkan peserta.

Menurutnya, dengan adanya fitur tersebut, tiap peserta dapat terhindar dari risiko menunggak dan kepesertaan tidak aktif.

Selain itu fitur skrining kesehatan mandiri juga sangat bermanfaat untuk mendeteksi risiko penyakit sedini mungkin.

BACA JUGA:  UGM dan Kabupaten Banggai Kerja Sama Pengelolaan Sumber Daya Air dan Geopark

“Fitur KIS digital juga sangat membantu karena saya sering lupa membawa kartu BPJS atau KTP. Dengan adanya KIS digital, kita tidak perlu cemas karena HP biasanya selalu dibawa,” tambah Ngakan.

Ngakan berharap BPJS Kesehatan dapat terus mengembangkan aplikasi-aplikasinya, sehingga semakin banyak kemudahan yang dapat diakses oleh masyarakat.

“Semoga Aplikasi Mobile JKN serta kanal-kanal BPJS lainnya dapat terus memberikan kemudahan akses bagi seluruh peserta Program JKN,” tutup Ngakan. (*)

Pos terkait