Kasus Covid Meningkat, Pemda Terbitkan Pedoman Pertemuan

BANGGAI RAYA- Pemerintah Kabupaten Banggai, melalui Dinas Kesehatan mengeluarkan surat dengan Nomor: 800/13.784/Dinkes, perihal ketentuan pelaksanaan pertemuan di tengah pandemi Covid-19. Surat ditujukan kepada instansi vertikal dan pimpinan OPD, pimpinan partai politik, camat, lurah, kepala desa, pimpinan ormas, tokoh agama dan tokoh masyarakat se Kabupaten Banggai. Surat tertanggal 19 Oktober 2020 ditandatangani Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo.

Isi surat menyebutkan bahwa kasus positif Covid-19 di Kabupaten Banggai meningkat sangat tajam, dalam waktu 3 (tiga) hari kasus bertambah 35 orang, sehingga total kasus sampai dengan 19 Oktober berjumah 85 kasus. Penyebaran penularan terjadi terutama pada fasilitas kesehatan, perkantoran dan tempat-tempat umum, seperti pasar.

Sehubungan dengan hal tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 telah mengadakan rapat koordinasi pada tanggal 17 Oktober 2020.

Berdasarkan hasil rapat serta memperhatikan surat Gubernur Nomor 440/519/Dinkes serta Peraturan Bupati Nomor 33 Tanggal 24 Agustus 2020, maka untuk pelaksanaan pertemuan-pertemuan diterapkan mengikuti hal-hal sebagai berikut.

Semua rapat-rapat atau pertemuan kedinasan dilakukan secara virtual (online). Pemerintah kecamatan, kelurahan , desa melakukan pengawasan yang ketat pada pertemuan atau penyelenggaraan kampanye Pilkada agar dilaksanakan sesuai rekomendasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Banggai.

Selanjutnya, untuk pelaksanaan pesta pernikahan dan pesta keluarga lainnya yang berpotensi  mengundang banyak orang kiranya dapat ditunda sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Semua upaya itu, semata-mata dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dilandasi semangat untuk mengutamakan kesehatan masyarakat Kabupaten Banggai. NAL