Karnaval Budaya HUT ke-63 Kabupaten Banggai, Wujud Kebersamaan Membangun Daerah

BANGGAI RAYA-Menyambut HUT ke-63 Kabupaten Banggai pada 8 Juli 2023 mendatang, Pemerintah Kabupaten Banggai menggelar karnaval budaya bertajuk ‘Carnifest 2023’ yang diikuti puluhan regu dari suku dan OPD di daerah beribukota Luwuk itu, Rabu petang (5/7/2923).

Karnaval budaya itu dilepas oleh Wabup Banggai Furqanudin Masulili dari alun-alun Bumi Mutiara Luwuk, dan melintasi sejumlah jalan utama di Kota Luwuk, hingga finish di depan Graha Pemda Banggai.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

Pada karnaval tersebut, para peserta mengenakan baju adat dari berbagai suku asli di Kabupaten Banggai maupun baju adat suku dari daerah lain di Indonesia. Kabupaten Banggai sendiri didiami berbagai suku dari seluruh Nusantara.

Saat melepas karnaval, Wabup Furqanudin mengatakan Kabupaten Banggai yang dihuni berbagai suku masih tetap damai dan bersatu membangun bumi Babasalan.

BACA JUGA:  Wisatawan Asal Jakarta Tujuan Danau Ubur-Ubur Bokan Kepulauan Karam di Perairan Matanga

“Kita patut bersyukur kabupaten Banggai yang memiliki beragam potensi sumber daya alam bisa dibangun bersama. Mari ciptakan rasa damai di bumi Babasalan yang sangat subur ini, agar maju dan sejahtera bersama,” ujarnya.

Ia juga menghimbau seluruh peserta dan warga Kabupaten Banggai, agar tidak membuang sampah sembarangan, sehingga Luwuk dan Banggai tetap bersih. “Jaga dan pelihara itu semua dan Selamat Ulang Tahun ke-63 Kabupaten Banggai,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

Seluruh peserta karnaval sempat memeragakan kesenian dan jenis budaya lain di depan tribun yang didirikan di depan Rumah Jabatan Bupati Banggai, tempat Bupati Amirudin, Wabup Furqanudin, Kajari Banggai Raden Bagus Wicaksono serta pejabat lain berkumpul. DAR

Pos terkait