Karang Taruna Siap Dampingi Desa Susun Rancangan Perdes

  • Whatsapp
Irfan Bungaadjim

BANGGAI RAYA- Karang Taruna Kabupaten Banggai di bawah pimpinan Ketua Irfan Bungaadjim siap bersinergi untuk mendampingi desa-desa di daerah ini dalam penyusunan rancangan peraturan desa (Raperdes). Dengan harapan, semua potensi di desa dapat dibuat dalam Perdes.

“Tidak ada Perdes yang mengatur tentang potensi-potensi desa. Sehingga perlu didorong dan kami (KT) siang mendamping desa untuk itu (penyusunan rancangan perdes),” ujar Ketua KNPI Banggai, Irfan Bungaadjim kepada Banggai Raya, Rabu (15/12/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Irfan Bungaadjim, dengan dibuatnya Perdes setiap potensi yang ada di desa, ini akan menambah pendapatan untuk desa. Bahkan berdampak pada peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

“Soal wisata Mangrove misalnya, dibangun dengan dana desa. Setelah itu tidak jelas keperuntukannya, harusnya itu dikelolah desa dengan membuat Perdes sehingga nantinya ada income (penghasilan) untuk desa. Jadi penghasilan desa ini tidak lepas dari pembuatan perdes itu sendiri,” kata Irfan Bungaadjim.

Kemudian, mantan Ketua KNPI Banggai itu juga menerangkan, seharunya ada Perdes yang dibuat untuk mengantur tentang potensi yang ada di desa. Ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan pendapatan baik itu pendapatan desa maupun masyarakat desa.

“Perdes yang bisa dibuat seperti Perdes pariwisata, Perdes pertanian untuk melindungi petani, Perdes tentang nelayan. Jadi semua yang berkaitan dengan potensi desa itu harus diatur dalam regulasi. Kami (KT) siap mengawal dalam proses perencanaan rancangan pembuatan Perdes, karena selama ini memang masih lemah,” kata Irfan.

Irfan Bungaadjim yang biasa disapa Kak IB itu menargetkan, Karang Taruna bisa mendampingi semua desa yang ada di Kabupaten Banggai dalam penyusunan Perdes. Paling tidak kata dia, ada sampel desa yang didampingi di setiap Dapil. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait