Karang Taruna Bolubung Bulagi Utara Tanam Pohon Hijaukan Desa

  • Whatsapp
ABADIKAN momen saat aksi tanam pohon untuk hijaukan desa. FOTO: DOK. KT BOLUBUNG, BULAGI UTARA

BANGGAI RAYA- Sebagai bentuk kepedulian terhadap perubahan iklim dan untuk menghijaukan desa, para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna ‘Debur Ombak’ Desa Bolubung, Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, melakukan aksi tanam pohon, Senin (22/11/2021).

Aksi menanam pohon itu dilakukan di sepanjang jalan dan dan lapangan Desa Bolubung. Kegiatan tanam pohon ini diberi nama program Sapuh ‘Satu Orang Satu Pohon’.

Bacaan Lainnya

Pengurus Bidang Humas, Karang Taruna ‘Debur Ombak’ Desa Bolubung, Bams Laubu , mengatakan, melalui aksi ini untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap perubahan iklim saat ini.

Ia menjelaskan, pohon memiliki fungsi untuk menambah suplai oksigen, dan menurunkan suhu bumi. Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk menyukseskan program Pemerintah Daerah  Banggai Kepulauan  yaitu terciptanya Proklim ‘Program Kampung Iklim’.

“Dengan harapan menjadikan desa tempat tinggal hijau. Tanaman yang ditanam di sepanjang lapangan  tersebut  diantaranya ratusan Pohon Puring dan Pohon Falem,” kata Bams Laubu, melalui rilisnya yang diterima Banggai Raya, Senin malam (22/11/2021).

Penghijauan ini kata dia, sangat penting untuk masa yang akan datang. Baik itu di pekarangan maupun lapangan yang kosong perlu ditanam dengan tanaman yang bermanfaat. Selain dapat menjaga desa yang asri juga menghindari erosi yang bisa saja terjadi kapan pun akibat gundulnya hutan.

“Banyak keuntungan yang didapat dengan menanam pohon selain mencegah datangnya erosi dan juga  dapat membuat udara segar dan sehat. Terimakasih kepada semua pihak, antusiasnya sangat luar biasa. Kita harus lebih banyak menanam pohon, sebagai ibadah dan semoga berkah,” tutur Bams Laubu.

Tak hanya melakukan penghijauan, Karang Taruna ‘Debur Ombak’ Desa Bolubung juga melakono laga persahabatan sepakbola melawan skuat KT Mika Jaya dari  Desa Lalengan, Kecamatan Buko, Kabupaten Banggai Kepulauan. Kedatangan karang taruna dari desa tetangga itu merupakan salah satu hal yang sangat baik untuk mempererat silaturahmi.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna ‘Debur Ombak’ Desa Bolubung,  Rachmad Yambese mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Pemerintah Desa (Pemdes) dan Karang Taruna.

Melalui aksi tanam pohon ini kata Rachmad, desa bisa hijau dan sejuk bila ditanami dengan berbagai pepohanan sehingga ke depannya bisa dimanfaakan oleh masyarakat. “Kurang lebih 100 bibit pohon Puring dan falem yang ditanam, untuk ditanami di sepanjang jalan dan lapangan desa,” jelas Rachmad sapaan akrab Rachmad Yambese.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Bolubung, Kecamatan Bulagi Utara, Jepri Matabal, memberikan apresiasi atas antusias Karang Taruna dalam melaksanakan kegiatan penanaman pohon ini. Apalagi desanya merupakan desa percontohan kampung iklim yang diprogramkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai Kepulauan.

Bung Jep, Sapaan akrab Kades Bolubung berharap, agar pohon yang ditanam dalam aksi ini dapat dirawat dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat untuk keindahan desa serta memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat. “Nanti akan dikelola lebih baik lagi untuk mengenalkan potensi Desa Bolubung, Kecamatan Bulagi Utara,” tuntasnya. (*)

Penulis: Jajad/*

Pos terkait