Kapolsek Batui Bantu Pengobatan Operasi Zikran

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Zikran (3), bocah penderita cacat fisik bawaan lahir yakni tak memiliki lubang anus telah menjalani operasi di RSUD Poso, Rabu (18/3/2020) pekan kemarin. Operasi anak dari pasangan Idham Kadim dan Asray Y Ahida warga Kelurahan Balantang, Kecamatan Batui itu, didampingi langsung oleh Kapolsek Batui, IPTU IK. Yoga W, SH.

Tak hanya Kapolsek, Ipda Al Amin Kanit Sabhara Polsek Batui, Bripka Usman Bhabibkamtibmas Desa Uso dan Bripka Sudirman Bhabibkamtibmas Kelurahan Balantang juga ikut mendampingi proses operasi Zikran di RSUD Poso.

Kapolsek Batui, IPTU IK. Yoga W, SH mengatakan, operasi atau tindakan medis ini merupakan yang keempat kalinya. Operasi ini untuk menyempurnakan hasil operasi sebelumnya. “Alhamdulillah operasi berjalan lancar dan semoga Zikran diberi kesembuhan dan bisa hidup normal seperti anak anak lainnya,” harap IPTU IK. Yoga W dalam keterangan rilisnya.

Kapolsek Batui mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Banggai yang selalu mensupport dan membantu biaya operasi untuk Adik Zikran dan ucapan terimakasih juga kepada masyarakat atau orang orang yang telah memberikan bantuan, doa serta materi kepada Zikran.

Idham Kadim dan Asra Y Ahida orang tua Zikran warga Kelurahan Balantang merupakan masyarakat tidak mampu atau ekonomi lemah. Ditambah lagi dengan kondisi yang dialami anaknya yaitu Zikran. “Mereka tidak mampu lagi menanggung biaya operasi anaknya. Bahkan, operasi pertama, kedua dan ketiga mereka harus menjual tanah yang kemudian digunakan sebagai biaya operasi,” terangnya.

Hal tersebut, diketahui IPTU IK Yoga pada tanggal 9 November 2019 lalu, saat kegiatan sedekah. Kemudian, ia melakukan koordinasi dan menggalang dana.

Sebelum melakukan penggalangan dana, ia melaporkan rencana tersebut kepada Kapolres Banggai dan akhirnya direspons positif dan langsung diberikan bantuan dana pengobatan. Dan ia pun melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kelurahan Balantang, dan pihak kelurahan memberikan bantuan. 

“Kami melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan Batui.  Melakukan koordinasi dengan rekan rekan media untuk bisa membantu menggalang dana. Koordinasi dengan adik-adik mahasiswa di Luwuk terkait rencana penggalangan dana untuk biata operasi adik Zikran,” tuturnya.

Dalam penggalangan dana, tidak hanya dilakukan dengan turun langsung lapangan tapi juga melalui media sosial (Medsos). Kurang lebih tiga bulan yakni sejak bulan November 2019  sampai Januari 2020, dana  berhasil terkumpul Rp16 juta. Dana tersebut langsung masuk ke rekening orangtua Zikran.

Setelah dana terkumpul, Kapolsek Batui melakukan koordinasi dengan pihak Puskesmas Batui untuk kelengkapan administrasi. Melengkapi administrasi dan mengaktifkan BPJS Kesehatan untuk adik Zikran dan melakukan koordinasi dengan pihak RSUD Luwuk.

Setelah itu, Kapolsek melakukan koordinasi dengan RSUD POSO dalam hal ini dr. Ronal yang pernah menangani operasi Adik Zikran. Jadwal operasi pun disepakati yakni tanggal 18 Maret 2020. Kemudian, Minggu (15/3/2020), Kapolsek Batui menyiapkan akomodasi dan memerintahkan Bripka Sudirman jab Bhabinkamtibmas Kelurahan Balantang untuk mendampingi Adik Zikran dan orang tuanya ke RSUD Poso.

Bripka Sudirman mendampingi adik Zikran dan kedua orangtuanya berangkat menuju RSUD Poso pada Minggu (15/3/2020) dan tiba keesekokan harinya Pukul 08.00 Wita dan langsung mendapatkan perawatan. Pada Rabu (18/3/2020), adik Zikran menjalani operasi Klostomi yang ditangani oleh dr. Ronal. Operasi yang berlangsung hampir empat jam itu berjalan lancar. “Setelah menjalani operasi, kondisi Adik Zikran sehat dan masih mendapat perawatan untuk proses penyembuhan,” pungkasnya. JAD

Pos terkait