Kantor UPP Kelas II Luwuk Bersama Posal Gelar Vaksinasi Massal, Siapkan Ratusan Sembako untuk Peserta Vaksin

  • Whatsapp
KEPALA Kantor UPP Kelas II Luwuk, Suleman Langge, Danposal Luwuk, Letda Laut (P) Yusuf Wibowo A.Md, dan lainnya serta tim vaksinator mengabadikan momen sebelum memulai layanan vaksinasi massal. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Untuk kedua kalinya, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Luwuk kembali menggelar layanan vaksinasi Covid-19 massal. Kali ini, bekerjasama dengan Pos TNI AL (Posal) Luwuk yang dipusatkan di Ruang Tunggu Pelabuhan Luwuk, Rabu (22/12/2021).

Dalam layanan vaksinasi massal ini menariknya, Kantor UPP Kelas II Luwuk dan Posal Luwuk menyiapkan ratusan sembako untuk dibagikan kepada warga yang menjadi peserta vaksin. Sembako itu berupa beras 5 Kg, Minyak Kelapa, Gula Pasir dan Teh Sari Wangi.

Bacaan Lainnya

Layanan Vaksinasi Covid-19 ini mendapat dukungan dari sejumlah perusahaan migas dan perusahaan pelayaran seperti Pelni, PT Pelindo 4, DSLNG , PAU, PTK, Pertamina, Tanto, Temas, SPIL, dan lainnya. Dukungan tersebut sebagai bentuk sinergitas dalam menyukseskan program percepatan vaksinasi di daerah ini.

Berdasarkan amatan Banggai Raya, masyarakat pelayaran hingga masyarakat umum, serta tenaga kerja bongkar muat begitu antusias mengikuti vaksinasi. Sebanyak 400 warga berhasil tervaksin dalam layanan vaksinasi yang bekerjasama dengan Tim Vaksinator Puskesmas Kampung Baru itu.

KEPALA Kantor UPP Kelas II Luwuk, Suleman Langge menyerahkan sembako kepada warga yang telah selesai divaksin. FOTO: ISTIMEWA

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Luwuk, Suleman Langge ST., M.Si., mengatakan, layanan vaksinasi ini merupakan kali kedua. Sebelumnya layanan yang serupa juga telah dilakukan di Pelabuhan Tangkian, yang bekerjasama dengan Polres Banggai dan Polda Sulteng.

“Untuk di Pelabuhan Luwuk ini baru pertama kali. Sasarannya tentu pertama adalah masyarakat pelayaran, dan masyarakat yang sehariannya di sini. Buruh yang tinggal di sekitar pelabuhan, masyarakat nelayan, ABK di pelabuhan rakyat, dan penumpang kapal pun kita imbau bagi yang belum divaksin, bisa datang ke sini (divaksinasi),” ujar Suleman Langge ST., M.Si., kepada Banggai Raya, Rabu (22/12/2021) di ruang kerjanya.

Membagikan sembako kepada warga yang ikut dalam layanan vaksinasi kata Suleman Langge, ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di tengah pandemic. Tentunya juga untuk memotivasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya vaksinasi Covid-19.

SALAH seorang warga tengah menjalani vaksinasi yang dilaksanakan di Ruang Tunggu Pelabuhan Luwuk.FOTO: JAJAD

“Kenapa kita bagikan sembako, karena kami melihat di kondisi pandemic ini masyarakat butuh sentuhan. TKBM (tenaga kerja bongkar muat) pun kita tahu bahwa kunjungan kapal tidak seperti lalu-lalu, sebelum pandemic. Kedua, masyarakat yang tinggal di sekitar pelabuhan adalah warga atau korban penggusuran lalu,” kata Suleman Langge.

Olehnya, Ia berharap dengan membagikan sembako dapat sedikit membantu warga di tengah pandemic ini. “Kami juga tentunya tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung atas suksesnya kegiatan vaksinasi massal ini. Semoga ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi. Seperti imbauan pemerintah, bahwa semua masyarakat wajib divaksin,” tandasnya.

KEPALA Kantor UPP Kelas II Luwuk, Suleman Langge dan Danposal Luwuk, , Letda Laut (P) Yusuf Wibowo A.Md., meninjau pelaksanaan layanan vaksinasi. FOTO: ISTIMEWA

Sementara itu, Komandan Posal Luwuk, Letda Laut (P) Yusuf Wibowo A.Md, mengatakan, layanan vaksinasi massal ini tujuannya tentu untuk mewujudkan herd immunity di Kabupaten Banggai. Tentunya juga sebagai bentuk dukungan dan sinergitas kepada pemerintah darerah untuk mencapai target vaksinasi yakni 70 persen sebelum akhir Desember 2021 ini.

Kemudian, Danposal juga berharap, dengan adanya bantuan sembako bagi warga yang divaksin ini bisa sedikit membantu di tengah pandemi.

Selain itu, Ramli dari PT Pelindo juga menyampaikan dukungan dan apresiasi atas terlaksananya vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat di Pelabuhan Luwuk. Ini kata dia, tentunya semata-mata sebagai upaya untuk mencapai target capaian vaksinasi, sehingga nantinya aktivitas bisa kembali normal. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad
Editor: Sutopo Enteding

Pos terkait