Kadisdag Lakukan Sidak di Pasar Rakyat Simpong

TEKAN LONJAKAN HARGA

BANGGAI RAYA-Selain operasi pasar murah mobile, untuk menekan lonjakan harga kebutuhan pokok, Kepala Dinas Perdagangan (Kadisdag) Banggai, Hasrin Karim melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Rakyat Simpong. Saat sidak, ditemukan sejumlah oknum pedagang dan pemilik toko menjual kebutuhan pokok, seperti gula dan beras yang dinilai tidak wajar langsung diberi teguran secara tertulis.

BACA JUGA:  Momen Halalbihalal di Nambo, Bupati Banggai Bagikan Sertifikat Tanah

“Sidak yang kami lakukan di Pasar Rakyat Simpong, bertujuan untuk menekan  lonjakan harga,” ucap Kedisdag Banggai Hasrin Karim kepada Banggai Raya, Rabu (1/4/2020).

Hasrin mengaku, telah memberikan teguran secara tertulis kepada sejumlah oknum pedagang maupun pemilik toko yang ditemukan menjual gula pasir eceran dan beras, dengan harga tidak wajar. Yang mana harga gula pasir eceran dijual dengan kisaran harga Rp20.000 hingga Rp22.000 per kilogram (kg), begitu pula beras medium di jual Rp9.500 hingga Rp10.500 per liter.

BACA JUGA:  Kapolsek Pimpin Bersih-bersih Jalanan Kota Luwuk Usai Banjir Kemarin 

Ketika disinggung jual harga kebutuhan pokok lainnya, Hasrin mengatakan dari hasil sidak yang dilakukan, kenaikan harga seperti minyak goreng, tepung terigu, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting, tomat, telur, daging sapi, ayam potong dan komoditas perkebunan serta bumbu dapur lainnya masih wajar.

BACA JUGA:  Diguyur Hujan Sehari Penuh, Pusat Kota Luwuk Banjir Sampah dan Lumpur

Terkait sejumlah oknum pedagang maupun pemilik toko yang sudah diberikan teguran secara tertulis, apabila ditemukan lagi menjual gula pasir maupun beras dengan harga tidak wajar, akan diberi sanksi sesuai ketentuan aturan yang berlaku. MAN