JOB Tomori Dukung Peningkatan Kompetensi Pendidik Paud

Program RPIA Diharap Lahirkan Generasi Emas

BANGGAI RAYA-Sebagai bentuk dukungan Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori), dalam mewujudkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini yang berkualitas di Kabupaten Banggai, pada Rabu (7/6/2023) lalu, perusahaan hulu migas yang beroperasi di Kabupaten Banggai dan Morowali Utara itu menghadiri undangan Pengurus Daerah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Banggai, yang menggelar pelatihan di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk.

Kegiatan yang dihadiri 157 orang guru Paud, berasal dari 23 Kecamatan se-Kabupaten Banggai tersebut, mengangkat tema kompetensi pendidikan terhadap program afirmasi transformasi sistem pendidikan pada lembaga PAUD.

BACA JUGA:  Pemda Banggai - BSI Lanjutkan Kerja Sama Layanan Perbankan Syariah

“JOB Tomori akan selalu berusaha membangun kemitraan dengan Pemda Banggai dalam memajukan sumber daya manusia, sehingga kehadiran kami di kegiatan ini, selain sebagai bentuk dukungan, juga sebagai ajang sharing terhadap program Pemda dan program JOB Tomori, khususnya di bidang pendidikan,” ungkap Field Senior Manager JOB Tomori, Abidzar Akman, saat dikonfirmasi di sela-sela acara pembukaan pelatihan tersebut.

Khusus di bidang pendidikan kata dia, selama ini JOB Tomori yang mendapat mandat dari pemerintah melalui SKK Migas untuk melakukan operasi produksi di Blok Senoro-Toili, telah menjalankan program Rumah Pemberdayaan Ibu dan Anak (RPIA) sejak tahun 2012. RPIA ini telah berhasil membina anak, remaja dan ibu-ibu, sehingga mampu meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan demi masa depan, dimana program ini dapat disinergikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai. RPIA ini diharap bisa melahirkan generasi emas Kabupaten Banggai.

BACA JUGA:  Kapolres Banggai Jalin Silaturahmi Bersama Jurnalis

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai, Drs. Lajibir, menyampaikan keberadaan PAUD diharapkan dapat melahirkan generasi emas melalui keterlibatan pelaku usaha, sehingga pihaknya memberikan apresiasi kepada JOB Tomori dan perusahaan migas lainnya, yang telah hadir sekaligus bersedia menjadi narasumber pada kegiatan pelatihan itu.

Saat menyampaikan materi, Hidayat Monoarfa, Tim ComDev JOB Tomori, menjelaskan sasaran program RPIA yang telah terbentuk 4 unit di desa sekitar area operasi perusahaan, merupakan anak-anak usia 3-18 tahun dan kelompok ibu-ibu rumah tangga.

BACA JUGA:  Tingkatkan Pelayanan, Kapolres Banggai Programkan SPKT Berbasis IT

Ia mengatakan, selain memfasilitasi tempat bermain, belajar dan mengembangkan kreativitas, keberadaan RPIA telah dikolaborasikan dengan program penanganan stunting melalui pemberian makanan tambahan yang mengandung banyak manfaat kepada ibu hamil dan anak-anak.

“RPIA ini juga menjalankan fungsi edukasi kepada ibu-ibu, bekerja sama dengan pihak terkait dalam penanggulangan stunting, sehingga sangat memungkinkan program ini dapat dikolaborasikan dengan keberadaan PAUD yang dikelola Pemda Banggai,” ujarnya.

Usai mendengar pemaparan materi RPIA, pengurus Himpaudi Banggai sangat tertarik, sehingga ke depan berencana mengunjungi RPIA JOB Tomori yang telah terbentuk, melibatkan tenaga pendidik PAUD, bertujuan untuk belajar sekaligus melihat secara langsung program apa saja yang dapat dikolaborasikan bersama. *