JOB Tomori Berkomitmen Jaga Lingkungan

  • Whatsapp
Relation, Security and Comdev Manager JOB Tomori Agus Sudaryanto memberikan paparan materi.

BANGGAI RAYA-Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) sebagai salah satu perusahaan hulu migas yang beroperasi di Kabupaten Banggai berkomitmen untuk menjaga lingkungan yang baik.

Komitmen tersebut ditegaskan Relation, Security and Comdev Manager JOB Tomori Agus Sudaryanto dalam Temu Wartawan Banggai yang digelar Senin (13/12/2021) di salah satu hotel di Luwuk.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, proses pengolahan limbah di JOB Tomori diawasi dan dianalisis secara berkala, oleh Dinas Lingkungan Hidup. Limbah yang dihasilkan oleh perusahaan yang mengeksploitasi gas bumi di Blok Senoro itu adalah emisi atau buangan dari hasil pembakaran.

“Kalau ada emisi yang keluar, maka harus ditangkap atau diserap oleh tumbuhan. Karenanya, JOB Tomori secara rutin melakukan penanaman pohon termasuk mangrove di sekitar lokasi kegiatan, agar emisi yang dibuang langsung bisa diserap oleh pepohonan,” jelasnya.

Perusahaan kata dia, terus berusaha agar menurunkan emisi dengan cara mengelola lingkungan, termasuk dengan pertanian berkelanjutan melalui varietas padi yang tidak menggunakan pupuk bahan kimia. Kinerja lingkungan di JOB Tomori tandasnya, juga didukung oleh inovasi pengelolaan lingkungan yang terus dilakukan.

Atas berbagai upaya tersebut, termasuk keberhasilan menurunkan emisi, JOB Tomori memperoleh proper emas pada tahun 2020. “Dan komitmen tersebut akan terus diupayakan untuk dipertahankan,” ujarnya. (*)

Penulis: Iskandar Djiada

Pos terkait