Jika Terpilih, Wardani Siap Seluruh Gaji dan Tunjangannya Untuk Masyarakat

BALIHO Caleg DPRD Banggai dari Partai Gerindra di lokasi pertokoan. FOTO RUM LENGKAS

BANGGAI RAYA- Calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Banggai daerah pemilihan (Dapil) 1 dari Partai Gerindra, Wardani Murad Husain berjanji, apabila terpilih nanti sebagai anggota legislatif (Aleg) DPRD Banggai akan menyerahkan seluruh gaji dan tunjangan kepada masyarakat melalui 4 program yang dikucurkan, yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan pemberdayaan usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM).

Hal tersebut disampaikan Wardani Murad Husain saat menyampaikan orasi politiknya, pada kampanye tatap muka di tiga desa di wilayah Kecamatan Luwuk Utara, Rabu (6/12/2023), yakni Desa Boyou, Desa Awu, dan Desa Bumi Beringin.

Anak nomor empat almarhum Murad Husain ini menjelaskan, ada empat program yang akan dijalankannya, apabila duduk di DPRD Banggai nanti, pertama tentang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan pemberdayaan UMKM.

Untuk pendidikan kata dia, itu sangat penting, karena dengan pendidikan bisa menaikan martabat seseorang, Kenapa, manakala salah seorang warga, anaknya berhasil dari segi pendidikan, maka itu yang akan membuat kedudukan martabat keluarga naik.

“Ada 10 ribu anak-anak yang putus sekolah di Kabupaten Banggai. Salah satu target saya adalah dengan menurunkan angka putus sekolah itu, mungkin kesulitannya di transfortasi. Kalau sekolah negeri saat ini digratiskan, tapi kenapa masih tinggi angka putus sekolah, salah satu itu karena transportasi yang tidak ada,” katanya.

BACA JUGA:  Hari Ini, 252 Warga Karaton Lakukan Pemungutan Suara Ulang di TPS 02 

Atau, menurut Kakak Kandung Hj. Sulianti Murad ini, kekurangan uang transport untuk diberikan setiap hari. Kemudian baju seragam yang terlalu mahal. Jadi, itu menurut analkisanya. Insya Allah, kalau terpilih nanti, akan dicarikan solusinya. Intinya angka putus sekolah itu harus turun.

Selanjutnya, akan menurunkan angka buta huruf. mungkin sejumlah warga di Luwuk Banggai yang belum bisa baca tulis. Jadi, itu dia berharap bisa menurunkan angka buta huruf tersebut.

“Bagaimana mereka mendapatkan pengetahuan, kalau mereka tidak bisa baca dan menulis, dan berikutnya yakni kejar paket C. Memang kejar paket C sudah disediakan oleh dinas pendidikan, tapi, akses masyarakat yang masih sulit dan jarang diadakan. Ditengah-tengah masyarakat itu banyak yang putus sekolah, dan tidak memiliki ijazah. Nah, ini yang kita akan bantu,” tuturnya.

BACA JUGA:  PSU dua TPS di Banggai, Pemilih 'Modal KTP' Tak Dilayani

Selanjutanya, tentang kesehatan, dia sangat peduli dengan kesehatan, sebab hidup yang sangat berkualitas itu, adalah dengan hidup sehat.

Dia akan bantu untuk pengurusan KIS-nya, kalau ada yang sulit dalam pengurusannya, dia akan bantu. Kemudian, tentang lingkungan hidup, termasuk mengenai air bersih, karena saat ini saja, Kota Luwuk lagi krisis air. Sebab, tidak digalakan kembali untuk melakukan penghijauan lingkungan, termasuk dengan menanam pohon, sebab pohon itu bisa menyerap air, itulah yang akan menciptakan air.

“Selanjutnya, mengenai abrasi laut, karena disini terkait dengan pohon mangrove, itulah yang harus kita mulai, karena kalau ada air pasang, rumah-rumah warga terkena dampaknya. Intinya, persoalan lingkungan hidup yang tidak membuat kita tidak nyaman, yang akan diperhatikan,” janjinya.

Kemudian sambung Wardani, program pemberdayaan UMKM, yakni usaha menengah, kecil dan mikro, kenapa tertarik membawa UMKM, karena pada saat krisis moneter, itu yang membuat ekonomi Indonesia tidak runtuh, karena UMKM yang jumlah jutaan, sehingga tidak hancur karena krisis.

Karena para pelaku usaha kecil tetap kuat. Insya Allah, akan dibuatkan badan UMKM, nanti adanya koperasi. Badan ini, yang nanti bisa membantu ibu-ibu, atau bapak-bapak yang punya usaha, baik itu nelayan, pertanian, dan lainnya. Nanti mendapatkan pelatihan, serta bagaimana mendapatkan pemasaran produknya, untuk bisa masuk ke supermarket, nah itu yang akan dibantu.

BACA JUGA:  Kejari Banggai Limpahksn Kasus Dugaan Korupsi APBDes Matabas ke PN Tipikor Palu

“Itulah programnya, ada 4. yang jadi pertanyaannya, uangnya dari mana, untuk membiayai 4 program ini. Untuk membiaya 4 program ini, Insya Allah kalau saya terpilih menjadi Aleg DPRD Banggai. Insya Allah, gaji dan semua tunjangan yang akan saya terima sebagai Aleg, saya akan berikan seluruhnya untuk 4 program tersebut,” tekannya.

“Tujuan saya maju, tidak mencari harta dan jabatan, sebab jabatan itu hanya sebentar saja, tapi akhirat itu selamanya. Niat saya maju, hanya mau menolong masyarakat Kabupaten Banggai. Kalau saya tidak duduk disistem, bisa saja saya membantu warga, tapi terbatas yang bisa saya bantu, tidak banyak. Dan bantuan itu bukan hanya uang, banyak hal, termasuk di regulasi,” pungkasnya. RUM

Pos terkait